Follow Us

7 Fakta Film Animasi KukuRockYou

Ega Hai - Senin, 18 Agustus 2014 | 07:58
7 Fakta Film Animasi KukuRockYou
Ega Hai

7 Fakta Film Animasi KukuRockYou

Film serial animasi 3D karya anak bangsa berjudul, KukuRockYou, udah tayang 17 Agustus 2014 di Indosiar. Buat yang udah nonton gimana kisah ayam bernama Jagur yang terobsesi jadi penyanyi rock ini? Keren nggak? Atau jangan-jangan kemarin kamu kelewatan serial animasinya? Tenang, karena KukuRockYou bakal tayang setiap hari Minggu pukul 09.00 WIB.

Nah sebelum kalian nonton serial selanjutnya, kita kenalan dulu yuk sama KukuRockYou. Simak 5 fakta tentang KukuRockYou!

1. Sebelum KukuRockYou bernama KukuruyukJadi sebelum tercetus nama KukuRockYou, sang kreator, Achmad Rofiq, mengatakan animasi tentang kisah ayam ini bernama Kukuruyuk. Akhirnya setelah berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu, jadilan judul film ini bernama KukuRockYou."Awalnya Kukuruyuk. Terus kita sempat konsultasi ke ibu Marie, dia bilang ini go international, diharapkannya seperti itu akhirnya jadi KukuRockYou," terang Rofiq.

2. Sebelum tayang di Indonesia, KukuRockYou udah lebih dulu go Asia.Film animasi 3D ini dibuat sejak 2011. Rofiq bersama teman-temannya dalam PT Digital Global Maxinema (DGM) mengembangkan karakter ayam ciptaannya. Hasil karyanya lebih dulu mejeng di festival-festival film animasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya, KukuRockYou telah memenangkan penghargaan Japan Asia Graph.

3. Di balik karakter ayamKalau Amerika punya karakter Tom&Jerry, Micky Mouse dan Donald yang mendunia, Indonesia juga punya ayam yang sebentar lagi bakal go international. Itulah yang mendasari Rofiq dan teman-temannya untuk mengembangkan karakter ayam dalam film serial animasinya.

"Kita mencari karakter yang lebih universal. Ayam itu representatif yang universal, kita lihat aja Disney punya karakter tikus, bebek, kucing, anjing," terang Rofiq.Ide awal ayam berwarna-warni ini tercetus saat Rofiq teringat akan "jajanan" semasa SD, yaitu ayam yang bulunya berwarna-warni oleh pewarna buatan. Jadilah ia menggambar karakternya dengan berwarna-warni.

"Inget mainan yang dijual di SD? Ayam warna-warni? Nah itu ada di karakter-karakter KukuRockYou," papar Rofiq.

4. Nggak melibatkan artis sebagai pengisi suaraKalau biasanya film animasi banyak menggaet aktor dan aktris terkenal untuk mengisi suara, di KukuRockYou nggak begitu. Menurut Rofiq, penggarap animasi di film ini juga bertindak sebagai pengisi suara.

"Dubber-nya ya animatornya. Sebenarnya banyak juga artis yang mendaftar sebagai pengisi suara, tapi kita pilih orang-orang yang bisa mengekspresikan karakter animasi. Biasanya kalau aktor aktris itu jago akting tapi belum tentu bisa membawakan si karakter animasi tertentu," ucap Rofiq.

5. OST KukuRockYou digarap oleh Ridho "Slank" Gitaris Slank, Ridho didapuk untuk mengaransemen lagu sekaligus mengisi soundtrack film animasi ini. Nggak sulit untuk mengajak Ridho bekerjasama karena Ridho juga jatuh cinta setelah menonton trailer KukuRockYou di YouTube.

"Mas Ridho tahu trailer film ini dari Youtube dan dia tertarik buat isi scoring dan soundtrack," ujar Rofiq.

Baca Juga: Ridho "Slank" Garap Soundtrack Film Animasi KukuRockYou

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest