Follow Us

Serunya Berkendara Dengan Daihatsu Ayla

Rian Sidik (old) - Kamis, 31 Oktober 2013 | 09:32
Serunya Berkendara Dengan Daihatsu Ayla
Rian Sidik (old)

Serunya Berkendara Dengan Daihatsu Ayla

Program pemerintah yang memberlakukan mobil dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan atau yang dikenal dengan LCGC (Low Cost Green Car) sedang marak-maraknya menjadi perbincangan banyak kalangan nih.

Gimana nggak? Bagi pengendara yang sudah lelah karena kepanasan, hujan-hujanan, terkena debu dan rasa khawatir kalau jatuh dari motor, kini nggak perlu nabung sampai puluhan tahun supaya bisa menikmati sensasi nikmatnya berkendara dengan mobil yang harganya terjangkau.

Nah, pada kesempatan yang diberikan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), majalah Hai dikasih kesempatan untuk dapat meminjam satu unit Daihatsu Ayla tipe X alias tipe yang paling tinggi dengan transmisi manual.

Desain

Daihatsu Ayla dirancang sebagai mobil untuk perkotaan (city car) dengan model hatchback. Wajahnya terkesan minimalis dengan lampu depan mengikuti lekuk garis bodi, sementara grille depannya mengusung model heksagonal sebagai identitas sang mobil. Desain buritan enak dipandang mata terutama pada lampu belakang.

Meski terlihat kecil dari luar, ternyata kabin Ayla terasa cukup lega lho. Daihatsu berhasil menciptakan ruang kabin yang cukup nyaman. Duduk di bangku kemudi terasa lega dengan pandangan luas dan duduk di belakang pun, ruang untuk kaki (legroom) penumpang cukup lapang.

Namun sayang, desain dashboardnya biasa saja, namun untuk audio sudah menyatu dengan dashboard sehingga terlihat mewah. Material plastik pada trim mungkin perlu dibenahi agar nggak terlihat murahan.

Pengalaman Tim Hai Bersama Daihatsu Ayla

Bodi Daihatsu Ayla memiliki dimensi 3.600 x 1.600 x 1.520 mm. Untuk jarak sumbu roda depan ke belakang (wheelbase) adalah 2.450 mm. Cukup kompak sehingga cocok untuk melintasi jalanan padat khususnya di kota-kota besar.

Dengan mesin yang mengusung 1KR-FE berkapasitas 996 cc dengan tenaga 65 dk/6.000 rpm dan torsi Daihatsu Ayla mencapai 85 Nm pada putaran puncak 3.600 rpm, dirasa sudah cukup untuk melintas di belantara kota dengan kemacetan yang cukup parah, apalagi mesin ini dikombinasikan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Rute yang dilalui tim Hai kali ini adalah dari kantor majalah Hai di Jalan Panjang, Kebon Jeruk Jakarta Barat, menuju Senayan dan memutari kawasan Pancoran Jakarta Selatan hingga Sunter. Jalanannya pun bervariasi, mulai dari jalan mulus hingga berlubang dan kondisi jalan yang lancer hingga macet.

Di kemacetan daerah Senayan, mobil ini nggak bikin pengemudi cepat lelah, pasalnya lingkar kemudi Daihatsu Ayla sudah dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS) yang nggak bikin beban berlebihan di mesin sehingga setir lebih ringan dikendalikan daripada yang masih menggunakan power steering konvensional.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular