Follow Us

Ada Kutil di Adek Kecil

Rian Sidik (old) - Jumat, 12 Oktober 2012 | 14:41
Ada Kutil di Adek Kecil
Rian Sidik (old)

Ada Kutil di Adek Kecil

Meski pada umumnya hilang saat tumbuh dewasa, beberapa pria masih memiliki bintil-bintil permanen hingga usia 40 tahun. Baik pada pria remaja maupun dewasa, bintil-bintil mirip jerawat yang normal dan yang berbahaya bisa dibedakan dari ciri-ciri sebagai berikut.

1. Bintil kulit ayam

Disebut bintil kulit ayam karena membuat kulit di area kemaluan, terutama di bagian pangkal dan kantung buah zakar mirip kulit ayam setelah direbus dan dicabuti bulunya. Bintil ini umumnya tidak berbahaya.

2. Kista sebasea

Bentuknya mirip jerawat berwarna kekuningan, jumlahnya bisa mencapai belasan di satu area. Bintil ini adalah pembengkakan kelenjar ayng umumnya normal, kalaupun infeksi masih mudah diobati.

3. Angiokeratoma buah zakar

Bentuknya kecil, merah menyala dan gatal, kadang lecet karena digaruk tetapi sama sekali tidak berbahaya.

Sementara bintil jerawat pada kemaluan cowok yang dikatakan tidak normal dan harus diperiksakan ke dokter adalah sebagai berikut.

1. Kutil kelamin

Kecil, warna daging atau abu-abu dan biasanya berkumpul membentuk kembang kol. Gatal dan kadang berdarah kalau terkena gesekan.

2. Varikokel (varises di kemaluan)

Kadang gejalanya tidak tampak, tetapi yang jelas akan memicu rasa tidak nyaman terutama kalau duduk, berdiri atau mengejan.

3. Benjolan kista atau tumor

Kista maupun kanker testis relatif langka, tetapi ada baiknya diwaspadai. Periksakan ke dokter jika ada benjolan tidak wajar yang keras dan berbeda dari bintil-bintil

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest