Follow Us

Sakit Kepala Nggak Kunjung Sembuh, Coba Ke Dokter Gigi dan Mulut!

Adhie Sathya - Senin, 18 November 2013 | 09:20
Sakit Kepala Nggak Kunjung Sembuh Coba Ke Dokter Gigi dan Mulut
Adhie Sathya

Sakit Kepala Nggak Kunjung Sembuh Coba Ke Dokter Gigi dan Mulut

Buat kamu yang bermasalah sama sakit kepala yang nggak kunjung sembuh atau hilang timbul, dan sudah berobat berkali-kali ke dokter umum atau spesialis syaraf juga belum ada titik terang, coba deh ke dokter gigi. Kenapa?

Kelihatannya emang nggak nyambung, sih, cuma ternyata benar adanya, lho. Nah, berikut ini ada dua sebab yang sering ditemukan oleh para dokter gigi, dan HAI mengajak ngobrol dua orang dokter gigi yang berasal dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Padjadjaran, Bandung pada Senin (18/11).

Pertama, bisa jadi ada syaraf di gigi yang tersendat karena gigi terbelakang tumbuh nggak normal dan menabrak gigi depan, sehingga menyumbat syarafnya.

"Kalau syaraf tertekan, kayak gigi belakang tumbuh abnormal, miring dan nabrak gigi depannya, bisa menyumbat syaraf. Jadi nanti kamu bisa mengalami pusing atau leher sering terasa sakit, kalau gigi yang abnormal itu nggak dicabut," papar Drg. Novi yang menyelesaikan program spesialisnya.

Kedua, Otot rahang yang tegang karena adanya kelebihan zat kimia tertentu, sehingga bikin makan terganggu dan kadang bikin pusing bahkan vertigo.

"Kebetulan disertasi saya memang membahas tentang otot rahang. Ada salah satu pasien saya yang masuk rumah sakit jiwa, karena setelah berobat dengan 12 dokter, termasuk syaraf dan penyakit dalam lainnya, nggak ketemu itu penyebab sakit kepalanya. Sampai akhirnya ketahuan rahangnya memang bermasalah," jelas Drg. Erna yang lagi menyelesaikan progam doktoralnya.

Wah, berarti jadi harus rajin periksa gigi dan mulut, nih, guys...

Editor : Adhie Sathya

Baca Lainnya

Latest