Follow Us

Kisah Foto Ikonik Jim Morrison, The Doors

iamalvin - Selasa, 10 Februari 2015 | 08:36
Kisah Foto Ikonik Jim Morrison The Doors
iamalvin

Kisah Foto Ikonik Jim Morrison The Doors

Rambut gondrong tak begitu rapi, tatapan tajam, bodi kurus sambil merentangkan tangan, nggak ditutupi sehelai benang pun, hanya sebuah kalung melingkari lehernya. Foto Jim Morrison tersebut memang sangat ikonik, dan sering kita lihat di merchandise The Doors, dan beberapa rilisan kuartet psychedelic rock tersebut. Salah satunya adalah album The Best of The Doors.

Foto tersebut punya judul "Young Lion". Dipotret oleh seorang fotografer dari Brooklyn, Joel Brodsky. Saat itu, Joel dikontrak Elektra Records untuk memotret band mereka, The Doors. Selain foto yang menandai kelahiran Lizard King tersebut, Joel juga mengabadikan foto full band yang akhirnya masuk di back cover debut album The Doors.

"The Doors adalah salah satu band paling bersinar yang saya potret pada saat itu. Mereka memiliki orientasi visual dan memahami potensi sesi foto yang baik. Awalnya, terlihat ada sedikit rasa iri di wajah personel lain ketika Morrison difoto paling depan, tapi pada dasarnya yang lain mengerti bahwa Jim adalah simbol sex dan fokus visual yang penting untuk band," kata Joel, tentang alasannya memotret Jim Morrison seperti itu.

Sesi foto tersebut juga jadi salah satu sesi bersejarah dalam karier Joel.

"Saya selalu berpikir gambar Morrison dari sesi yang paling sering digunakan itu sangat lucu. Jim benar-benar terpampang. Sesi fotonya sendiri dimulai normal. Foto-foto yang ada dalam album Greatest Hits dilakukan di akhir. Pada saat itu, ia begitu mabuk, ia tersandung ke lampu dan kami harus menghentikan sesi foto. Dia tidak mabuk liar - sebenarnya dia agak tenang - tapi keseimbangannya tidak terlalu baik. Namun, ia selalu terlihat keren dipotret karena ia memiliki tampilan yang sangat menarik," ucapnya.

"Morrison nggak pernah benar-benar tampak seperti di foto itu lagi, dan foto-foto itu telah menjadi bagian besar dari warisan The Doors. Saya pikir saya memotret mereka di puncaknya," tutup Joel.

---

Simak inspirasi fotografi lainnya dalam #LOVE2SHOOT

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Kisah Foto Cover Album Nirvana, Nevermind

Tongkat Pusaka Pangeran Diponegoro Dikembalikan Belanda ke Indonesia

Di Balik Foto Cover Album Blink-182, Enema of the State

Cerita Pemotretan Cover Album The Beatles, Abbey Road

Kemarahan The Clash Berujung Foto Cover Album Legendaris, London Calling!

PROMOTED CONTENT

Latest

Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu. Gampang Banget!
Nggak Nyangka, Inilah Alasan Kenapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval
Pokoknya Jangan Pernah Lakukan Hal-hal Ini Ketika Petir Menyambar
4 Tanda Kalau Kita Adalah Pacar yang Posesif, Buruan Berubah, Deh!

Popular

Hot Topic

Tag Popular