Follow Us

Kuliah Dong, Jangan di Kelas Mulu... :)

- Senin, 13 April 2015 | 07:18
Kuliah Dong Jangan di Kelas Mulu
Hai Online

Kuliah Dong Jangan di Kelas Mulu

Yang sebentar lagi mau gantung seragam putih abu-abu tunjuk tangan!

Pasti banyak, ye...

Nggak kerasa kita sebentar lagi bakal ninggalin bangku SMA dan jadi anak kuliahan. Gelar itu udah kayak perayaan kemerdekaan bagi sebagian teman-teman kita. Gimana nggak? Nggak pake seragam, masuk (agak) siangan dan yang penting yang dipelajari per hari nggak sebanyak waktu masih SMA.

Ada benernya juga. Tapi harusnya nggak cuma seneng-seneng doang sih. Soalnya, masa kuliah sebenernya udah kayak jembatan kita menuju jenjang masa kerja dan karir nanti.Mau sukses atau nggak pas kerja nanti, mau dapet gaji gede atau nggak nanti, bisa jadi berawal dari masa kuliah. Makanya, pilihan kuliah akhirnya jadi penting banget.

Nah, kira-kira apa yang teman-teman kita pilih sebagai bidang kuliahnya nanti ya?

Jawabannya udah kayak menjawab tren yang lagi ngehits. Kalau 10 tahun lalu, bidang komunikasidan media massa sangat populer, tiba-tiba berubah 5 tahun kemudian. Saat itu tren pilihan bidang kuliah pilihan bergeser ke arah desain dan komunikasi visual. Itu ada faktanya lho. Bahkan majalah kesayangan kamu ini mengikuti dan menulis terus perubahannya.

Baca Juga:Kampus Buat yang Kuliah Jurusan Desain Komunikasi Visual

Lantas, sekarang berubah lagi dong?

Pastinya. Makanya setiap tahun HAI menggelar survey tentang Youth Insight yang biasa digelar bulan Juni-Juli. Tahun 2014, kami banyak mendapatkan data tentang remaja dan pilihan brand favorit untuk kehidupan sehari-harinya. Termasuk dengan pilihan bidang studi perkuliahan.

Kami mendatangi 1041 remaja di 7 kota besar Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, dan Makassar). Semua respondennya adalah pria berusia 15-18 tahun. Kepada mereka kami bertanya tentang bidang studi apa yang nanti akan mereka jalani nanti pas lulus SMA.

Di luar dugaan, bidang Manajemen dan Bisnis menempati urutan teratas, disusul oleh bidang Hukum. Sementara "idola" sebelumnya, Bidang studi Desain, menempati urutan ketiga. Jadi, bidang-bidang studi perkuliahan yang nanti akan dibahas di sini adalah hasil dari survey Youth Insight-nya HAI sendiri.

Kalau ada yang masih nyari-nyari kuliah, mungkin edisi ini bisa jadi panduan. Tips-nya, kita harus tau dulu minat dan bakat kita. Cita-cita boleh tinggi, tapi harus dibarengin sama rasa sadar kapasitas diri sendiri.Biar lebih afdol, sambil mencari-cari bidang studi yang kita mau, pelajari juga dunia kuliah tuh seperti apa sih?Klik di sini ya

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest