Follow Us

Kerja di Bagian Research & Development Yuk!

iamalvin - Selasa, 03 Maret 2015 | 11:55
Kerja di Bagian Research Development Yuk!
iamalvin

Kerja di Bagian Research Development Yuk!

Kuliah di Teknik Kimiabukan berarti nggak bisa kerja di mana-mana. Salah satu prospek kerja teknik kimia, adalah di bagian Research

Bagian R&D biasanya bertanggung jawab mengelola sejumlah dana tertentu yang telah dianggarkan perusahaan untuk riset dan pengembangan. R&D melakukan test dan tak jarang membuat alat test sendiri dan terus mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan.

R&D juga adalah bagian yang dihubungi apabila pihak luar hendak melakukan kerjasama dengan perusahaan berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.

Secara umum, demikianlah tugas dan tanggung jawab bagian R&D. Di dalam setiap perusahaan dapat terjadi variasi tergantung dari jasa yang ditawarkan masing-masing perusahaan serta ukuran perusahaan tersebut.

Kualifikasi yang Dibutuhkan

Untuk menduduki kursi R&D, seseorang harus memiliki keterampilan khusus atau special skill sesuai perusahaan tempatnya bekerja. Seorang staf R&D di perusahaan manufaktur otomotif tentunya harus menguasai pengetahuan teknis mengenai otomotif. Dengan demikian, ia dapat melakukan analisis teknis secara mendalam untuk terus mengembangkan produk.

Di PT Astra Daihatsu Motor, special skill juga menjadi salah satu pertimbangan utama seorang pelamar diterima di bagian R&D. "Untuk R&D, biasanya minimal D3 dan S1 atau setara D4, dari jurusan elektro, desain produk, dan teknik mesin," ujar Fasiendra. Untuk desain produk, staf R&D juga harus menguasai keterampilan khusus yang terkait misalnya sketching, rendering, dan mampu menggunakan piranti lunak AutoCAD.

Sementara untuk kualifikasi umum pelamar, tidak jauh berbeda dengan kualifikasi posisi lainnya di industri manufaktur. Di PT Astra Daihatsu Motor, umumnya pelamar harus memiliki IPK di atas 3,00, usia maksimal 27 tahun, dan mampu berbahasa Inggris.

Dapat dikatakan, profesi di bidang R&D merupakan pekerjaan yang membawa kemajuan. R&D menjadi salah satu ujung tombak dalam perkembangan produk dan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest