Follow Us

Jauhkan 5 Hal Ini di Atas Kasur Sebelum Tidur

Ega Hai - Jumat, 28 November 2014 | 13:49
Jauhkan 5 Hal Ini di Atas Kasur Sebelum Tidur
Ega Hai

Jauhkan 5 Hal Ini di Atas Kasur Sebelum Tidur

Kualitas tidur sangat berdampak pada kesehatan. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tidur tersebut, salah satunya adalah kebiasaan membawa sesuatu ke atas kasur sebelum tidur.

Berikut lima hal yang sebaiknya kamu hindari di atas kasur kamu sebelum tidur:

1. HandphoneZaman sekarang, handphone emang nggak bisa jauh-jauh dari pemiliknya. Handphone sering digunakan sebagai alarm dan diletakkan di samping bantal tidur atau meja di dekat tempat tidur. Sebelum tidur pun banyak dari kita yang melakukan "ritual" dengan handphone-nya, seperti membuka media sosial Path, Instagram, atau Facebook.

Padahal nih, bunyi pada handphone itu bisa mengganggu tidur malam. Nggak hanya itu, berdasarkan penelitian cahaya biru dari handphone memicu terganggunya produksi hormon melatonin atau hormon tidur. Hal ini menyebabkan kamu jadi susah tidur.

Bahkan banyak penelitian menyatakan bahwa melatonin dapat mencegah risiko kanker.

Baca Juga:Hati-Hati Kurang Tidur Bikin Kamu Gemuk!

2. TugasSaat tiba di rumah, PR dari sekolah, kampus atau tugas dari kantor kadang masih kamu lanjutin di atas tempat tidur. Padahal, cahaya dari laptop, tablet atau handphone sebaiknya tidak berada di tempat tidur.

3. Hewan PeliharaanSampai rumah ketemu binatang kesayangan emang jadi "obat capek", apalagi kalau bianatang peliharaan kita itu lagi pengen di manja sama si empunya. Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing sangat senang naik ke atas tempat tidur untuk tidur di dekat pemiliknya. Sering kali, kamu sendiri lah yang membawa hewan peliharaan ke atas tempat tidur.

Namun, tanpa disadari, hewan sering terbangun dan bersuara pada malam hari sehingga membuat kamu terbangun dari tidur. Berdasarkan penelitian 2014, sebanyak 30 persen pemilik hewan peliharaan mengaku terbangun setidaknya sekali dalam satu malam karena hewan peliharaan mereka.

Tak hanya itu, bulu-bulu pada hewan kalau nggak dijaga kebersihannya bisa membawa debu dan membuat pemiliknya berisiko terkena alergi.

4. MakananBanyak orang makan di tempat tidur jadi kotor dan mengundang serangga seperti semut dan kecoa. Hal ini tentunya bisa mengganggu tidur kamu.

5. BukuAda yang bilang baca buku bisa jadi "obat ngantuk". Membaca buku di tempat tidur dinilai dapat menurunkan kualitas tidur seseorang. Para ahli tidur kembali menegaskan bahwa kamar tidur seharusnya hanya untuk tidur dan seks. Tapi buat yang kedua, cuma bisa dilakuin sama yang udah halal aja ya, bro! Hehehe...

Halaman Selanjutnya

Baca Juga:
1 2

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest