Follow Us

Animal Defender: Gerakan Para Penolong Hewan Terlantar

Rian Sidik (old) - Minggu, 05 Januari 2014 | 06:34
Animal Defender Gerakan Para Penolong Hewan Terlantar
Rian Sidik (old)

Animal Defender Gerakan Para Penolong Hewan Terlantar

Berangkat dari timbulnya rasa keprihatinan akan banyaknya kasus penelantaran, penganiayaan dan overpopulasi hewan2 domestik disekitar, gerakan bernama Animal Defender terbentuk sejak pertengahan tahun 2011.

Penggagasnya adalah Doni Herdaru Tona. Aktif di band Funeral Inception yang telah menelurkan tiga album. Tertarik untuk bergabung dengan gerakan ini? Simak langsung obrolan sang penggagas dengan Kadek, dari HAI Magazine!

Siapa saja penggagasnya? Apa latar belakang mereka?

Pendiri utama yg tersisa hanya saya. Kawan-kawan pengurus utama Animal Defenders sekarang datang dalam waktu yang berbeda dan integritasnya sudah teruji dan terus bersama berjuang bersama. Latar belakang edukasi dan profesi beragam, mulai dari mahasiswa, pegawai, staff pengajar, fotografer, seniman. Semua termovitasi untuk berbuat lebih dalam menolong hewan yang terlantar dan teraniaya serta terancam.

Apa orang-orang yang memprakarsai gerakan ini memiliki ide yang sama dari pengalaman yang sama? Ceritakan!

Ya, kami semua mempunyai kesamaan keprihatinan, kesamaan kesiapan bersikap tentang kondisi hewan-hewan disekitar kita. Kita selalu berdiskusi dan berembug untuk menangani kasus demi kasus, mengerahkan apa yg kami punya dari tiap-tiap individu, dan dihimpun menjadi satu kekuatan yang tentunya akan jauh lebih efektif daripada bergerak sendiri-sendiri. Kami semua penyayang binatang, dan punya pengalaman berbeda dalam memelihara, merawat dan menolong hewan-hewan malang.

Kenapa tertarik untuk membuat gerakan sendiri? Apa tidak ada gerakan serupa dengan ini?

Tentunya ada gerakan sejenis ini, dan lebih dulu ada. Pernah mencoba bergabung, namun ada hal-hal yang rasanya kurang sreg. Maka gerakan yg kami jalankan ini adalah semacam perbaikan dari apa yang kami liat dan kurang sreg itu. Gak usah repot memaksa yang ada berubah, tapi kami yg mempersiapkan diri untuk memenuhi apa yg kami rasa kurang dari yg kemarin kami lihat.

Ethos utama dari Animal Defenders adalah Do It Yourself, ayo kerjain sendiri dulu, jangan berpangku tangan. Perubahan datang dari diri kita sendiri dulu, jangan mengharapkan perubahan dari luar seperti keinginan kita. Saya berkecimpung di dunia music khususnya metal dan underground, yang kental dengan ethos DIY ini. Sifat indendepen dan tidak mengharapkan pihak lain melakukan seperti yang kita mau, mengalir deras karena pengaruh scene music yg saya tekuni ini.

Mau tau lanjutan obrolannya? Langsung kebet Majalah HAI edisi khusus 200 halaman yang bahas habis soal Animal Defender, terbit hari ini!

#ComeOutandPlay

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest