Follow Us

4 Gaya Hidup yang Bisa Membunuh Kamu Secara Perlahan

Ega Hai - Rabu, 17 September 2014 | 11:36
4 Gaya Hidup yang Bisa Membunuh Kamu Secara Perlahan
Ega Hai

4 Gaya Hidup yang Bisa Membunuh Kamu Secara Perlahan

"Puas-puasin masa muda yang cuma sekali", kalimat itu ada benarnya. Tapi kudu pinter-pinter juga memanfaatkan waktu muda itu karena gaya hidup menentukan kualitas hidup dan kesehatan tubuh kita.

Jika kita menjalani gaya hidup sehat, maka kesehatan kita pun akan dapat dipertahankan sampai tua. Tapi, jika kita memiliki gaya hidup nggak sehat dan nggak segera berubah, bukan nggak mungkin jika penyakit pun bisa datang tiba-tiba.

Berikut ini beberapa gaya hidup yang bisa membunuh secara perlahan-lahan karena berbahaya bagi kesehatan tubuh, yang sayangnya sering nggak disadari oleh kita sendiri. - Ponsel dan bantal.

Menurut sebuah penelitian medis, diketahui bahwa 8 dari 10 orang tidur dengan meletakkan ponsel di samping atau di bawah bantal. Mereka nggak menyadari bahwa ini bisa membahayakan kesehatan mereka. Salah satu contoh adalah berkas "cahaya biru" dari layar ponsel. Sinar ini dapat merusak mata dan kesehatan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru akan menekan sekresi hormon melatonin di malam hari dan dapat mengganggu kualitas tidur. Nah, untuk menghindari hal ini, jangan pernah menempatkan ponsel di bawah bantal saat tidur. Taruhlah setidaknya 20 cm jauhnya dari bantal untuk mengurangi radiasi sebesar 98%. Tetapi sebenarnya mematikan ponsel bisa jadi pilihan yang terbaik.

Baca Juga: Hidup Sehat Sejak Usia Muda - Siklus bulanan.

Kebanyakan cewek cenderung mengabaikan penyimpangan yang terjadi dalam siklus bulanan mereka. Penyimpangan tersebut termasuk siklus yang nggak teratur, nyeri yang berlebihan, dan serangkaian gejala lain. Ini bisa menjadi awal dari gejala mioma, tumor, bahkan kanker. Oleh karena itu, selalu tulislah siklus bulanan, sehingga kita dapat memantau apakah memiliki jadwal rutin bulanan atau tidak. Dan ketika menemukan ada sesuatu yang salah, segera kunjungi dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan medis. - Duduk terlalu lama.

Tanpa disadari, duduk terlalu lama bisa mengundang munculnya berbagai penyakit kronis. Salah satunya adalah nyeri punggung. Sekitar 7 dari 10 orang harus mengunjungi klinik fisioterapi untuk mengobati gangguang tulang belakang mereka karena disebabkan oleh duduk terlalu lama. Selain merusak bentuk tubuh, duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan obesitas dan awal penyakit kronis. Coba yang sering main game di depan komputer pasang "alarm" kalau perlu buat gerakin tubuh.

- Kesehatan kulit.

Sebagian besar dari kita mungkin merasa bahwa memakai tabir surya nggak terlalu penting. Terlalu banyak paparan sinar matahari pada kulit dapat menyebabkan munculnya kanker kulit. Oleh karena itu, setiap kali melakukan kegiatan di luar ruangan, selalu gunakan tabir surya pada kulit, terutama bila di bawah sinar matahari langsung. Pilih tabir surya yang sesuai dengan kegiatan di luar ruangan.

Baca Juga:

Bentuk Pola Hidup Sehat dengan Fitnes

Awas, Kurang Tidur Bikin Testis Menciut

Sumber: Intisari-online

Editor : Ega Hai

Latest