Follow Us

Mata Kuliah "Bahaya" di Teknik Mesin

- Kamis, 26 Februari 2015 | 04:55
Mata Kuliah Bahaya di Teknik Mesin
Hai Online

Mata Kuliah Bahaya di Teknik Mesin

Bukan cuma alat-alat berat yang kadang berbahaya dan menantang, tapi beberapa mata kuliah di jurusan teknik mesin ini juga bisa dianggap bahaya. Lagi-lagi, nggak sedikit lho mahasiswa yang harus mengulang di semester pendek atau bahkan di semester depan bareng junior mereka!

Ini dia mata kuliah yang lumayan bahaya di jurusan teknik mesin :

Termodinamika

Menghitung panas di mesin ternyata nggak segampang ngukur panas tubuh. Lewat mata kuliah Termodinamika, kita belajar soal kalor (panas) di dalam mesin industri. Makanya, mata kulia ini jadi terkenal susah karena pada akhirnya mengukurnya bukan cuma pakai alat tapi pakai banyak rumus yang harusnya bukan cuma dihafal tapi paham penyelesaiannya.

Nggak cuma rumus, istilah-istilah ilmiahnya seabrek, tuh!

Matematika 1 sampai 4

Di mata kuliah ini secara bertahap kita akan belajar menghitung. Baru setelahnya kudu sanggup mengurai kembali rumus yang sudah sempat kita hafal di mata kuliah sebelumnya. Diturunkan lagi, dikembalikan lagi ke fungsi yang sederhana. Biar tahu bagaimana cara mengaplikasikan persamaan yang rumit jadi satu kesatuan yang lebih sederhana. Nggak kebayang kan? Pasti susah, tapi kalau sudah menguasainya, semua itu hanya butiran debu kosmik!

Mekanika Fluida

Melihat cairan mengalir itu emang gampang, tapi menghitung laju aliran benda cair, itu susahnya minta ampun, tapi bikin penasaran sih! Meski dalam perhitungan harus ekstra teliti, fluida lainnya bisa berbahaya kalau meleset dari perhitungan, semua bisa fatal. Jadi berhati-hatilah!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest