Follow Us

Semua Punya Jurusan Favorit

- Senin, 02 Februari 2015 | 08:54
Semua Punya Jurusan Favorit
Hai Online

Semua Punya Jurusan Favorit

Pasti semua sudah punya jurusan favorit, kan? Pertanyaannya, apa sih yang akan kita hadapi kalau benar kuliah di sana? Dengan artikel ini, semoga kalian bisa menemukan jawaban!

Nah, menjelang ujian kelulusan yang tinggal beberapa bulan lagi ini, pastinya kita sudah punya targetan jurusan atau fakultas favorit apa yang pengen kita tuju selepas masa SMA?

Sekarang, emang udah nggak terlalu susah untuk cari tahu jurusan atau fakultas mana yang jadi favorit. Soalnya kampus suka menggelar yang namanya open house untuk memerkenalkan fakultas atau jurusan mana aja yang oke di kampusnya. Selain itu, ada juga biasanya alumni sekolah kita yang berkuliah di jurusan atau fakultas tertentu datang ke sekolah untuk mempromosikan tempat mereka berkuliah. Dan buat yang rajin, banyak juga yang memburu acara semisal University Day Out yang bikin mata kita terbuka sama dunia di masa yang akan datang.

"Waktu itu aku, sih memang bingung mau kuliah di mana? Kebetulan aja, waktu itu ada kakak-kakak dari IPB (Institut Pertanian Bogor) yang presentasi ke sekolah aku. Terus kakak-kakak aku itu bilang kalau Agribisnis masuk di antara jurusan favorit lima besar di IPB. Katanya, sih prospeknya bagus," kenang Pingkan Octaviani, mahasiswa jurusan Agribisnis IPB dalam wawancara HAI pada tahun 2011.Baca : Ini 5 Kampus Terbaik Jurusan Pertanian.

Memegang beberapa pilihan jurusan atau fakultas favorit kayak Octa memang bikin kita setidaknya jadi punya tujuan pasti mau melangkah ke mana setelah lulus. Kita pun jadinya bisa lebih fokus dan percaya diri menjalani UN dan tes SBMPTN.

Lulus UN, Langsung Sikat Jurusan Favorit

"Dan akan lebih membantu lagi kalau lo tahu mau kerja jadi apa nantinya. Misalnya gue mau jadi fotografer produk. Nah, gue bisa ambil jurusan fotografi atau mungkin ambil jurusan yang ada hubunganya sama fotografi dan produk," kata Dimas, lulusan SMAN 72 Jakarta yang sekarang berkuliah di London School of Public Relation (LSPR).

Tapi rasanya kurang afdol kalau kita cuma tahu jurusan atau fakultas favorit yang pengen kita tuju tanpa tahu detailnya lebih dalam. Mulai dari apa saja yang dipelajari, suasana perkuliahannya, kualitas dosennya, hingga apa saja sara-prasarana di kampusnya.

Kulik Info Rahasia dari Kampus!

Itu sebabhnya, atas nama persaudaraan, HAI pengen banget melengkapi seluruh informasi soal jurusan atau fakultas favorit yang jadi incaran kamu. Nggak tanggung-tanggung, total ada 35 fakultas atau jurusan yang HAI beberin.

Daftar jurusan/fakultas favorit ini nggak begitu saja muncul, tapi HAI dapatkan dari puluhan pelajar SMA dan mahasiswa soal fakultas atau jurusan mana yang lagi ngehype. Biar makin afdol, HAI juga ikut tanya-tanya ke kampus bersangkutan.

HAI inget banget, waktu ngikutin University Day Out ada pembicara yang bilang "kalau kamu punya impian kuliah di universitas yang kamu tunjuk, datangin, kenalin, deketin kampus yang bakal jadi tempat kamu menuntut ilmu!"

Editor : Hai

Latest