Follow Us

OakOak, Menyulap Tempat Umum Rusak Jadi Seni Dekorasi Luar Biasa

Ega Hai - Jumat, 11 April 2014 | 12:38
OakOak Menyulap Tempat Umum Rusak Jadi Seni Dekorasi Luar Biasa
Ega Hai

OakOak Menyulap Tempat Umum Rusak Jadi Seni Dekorasi Luar Biasa

Tempat umum yang sudah rusak bisa jadi karya seni dekorasi yang luar biasa oleh OakOak. Seniman yang lahir dan besar di kota industri Saint Etienne, Perancis ini mencoba menghidupkan kota kelahirannya yang kental dengan suasana kelam.

Sebagai seniman jalanan, OakOakmemiliki cara yang berbeda dibandingkan dengan seniman lainnya. Bukan dengan coretan yang rumitatau gambar yang indah, OakOak lebih 'memodifikasi' apa yang ada di sekitarnya menjadi sebuah karya yang unik. menghibur, dan lucu.

"Karena saya berasal dari kota industri yang sedang berkembang, saya ingin membuat kota ini lebih 'hidup' dan lucu. Memasukkan sedikit sisi humor menjadi aspek yang sangat penting di setiap karya yang saya ciptakan,"ucapnya.

Meskipun sederhana, karya-karyanya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari rambu lalu lintas, trotoar, sampai jalanan dan dinding yang rusak. Dengan sedikit sentuhan, elemen-elemen kota tersebut ia ubah menjadi karya seni.

OakOak tak hanya memanfaatkan bentuk rusak dari sebuah fasilitas umum. Fasilitas umum yang masih berfungsi dengan sempurna juga bisa ia "bangun" menjadi bentuk lain yang mampu membuat orang nggak bisa berhenti tersenyum.

Beberapa orang bahkan berhenti untuk mengabadikannya dengan kamera, atau justru memotretnya sebagai latar belakang foto. Mungkin jika dilihat keahlian OakOak bukan hanya soal teknik menggambar. Tapi yang lebih penting adalah keahliannya dalam memikirkan sebuah bentuk lain dari bentuk yang sudah ada.Penutup saluran air yang ia sulap menjadi iPod dan lampu petunjuk jalan yang dibuat lucu dengan gambar tambahan.

"Tujuan utama saya adalah memberikan nilai lebih kepada tempat atau objek yang banyak orang menganggap remeh. Saya senang jalan kaki dan dari sana saya menemukan banyak tempat yang menarik. Contohnya tembok yang rusak. Dari sana kemudian saya kembali untuk mempelajari dan kembali lagi untuk menggambar," papar OakOak.

Mulai dari kota-kota di Brasil hingga China pernah jadi kanvas OakOak. Makanya nggak heran kalau karyanya dinobatkan sebagai karya terbaik oleh majalah seni online ternama juxtapoz.

OakOak sehari-harinya bekerja di kantoran sebagai karyawan. Ia mengaku jika kegiatannya dalam 'mencoret' dinding dan jalanan hany ahobi dan cara ia melampiaskan emosinya.

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest