Follow Us

Selain Musisi, Ini Pilihan Profesi Buat Lo yang Mau Kerja di Industri Musik

Yussy Maulia - Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:55
Ilustrasi pekerjaan di industri musik.
Shutterstock

Ilustrasi pekerjaan di industri musik.

HAI-Online.com – Bekerja di bidang yang sesuai dengan passion merupakan impian semua orang. Sebab, lo dibayar untuk melakukan sesuatu yang lo sukai. Lo pun menjadi lebih semangat kerja karena mendapat kesenangan dari pekerjaan tersebut.

Buat lo yang punya passion di bidang musik, lo punya banyak peluang untuk bekerja sekaligus menyalurkan minat dan bakat lo.

Mungkin ada beberapa dari lo yang ingin bekerja di industri musik, tetapi enggak berminat jadi artis atau musisi. Meskipun, dua profesi tersebut sering dianggap sebagai profesi “primadona” di industri musik.

Nah, industri musik punya banyak peluang karier yang bisa lo eksplorasi. Beberapa profesi di industri ini juga bisa memberi lo kesempatan untuk mengembangkan skill lain selain bermusik, seperti berkomunikasi dan menganalisis tren musik.

Baca Juga: Jatuh Bangun Merintis Karier Musik, Piyu Padi: Kalo Pingin Sukses, Lo Harus Jadi Anak Band yang Tahan Susah!

Biar lebih jelas, yuk simak penjelasan berikut.

  1. Sound engineer
Buat lo yang punya tingkat kepekaan yang tinggi terhadap suara, lo bisa pertimbangkan profesi teknisi suara atau sound engineer.

Untuk diketahui, sound engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk memastikan suara, efek suara, dan instrumen musik dapat terdengar selaras dan jelas sehingga menghasilkan output suara yang optimal.

Meski begitu, cakupan pekerjaan sound engineer cukup luas. Pada acara seperti konser musik atau konferensi resmi, sound engineer bertugas untuk mengatur dan mengawasi sound system agar audio yang dihasilkan dapat didengar dengan baik oleh audiens.

Sementara itu, dalam proses rekaman atau produksi film, sound engineer bertanggung jawab untuk memaksimalkan hasil rekaman dengan melakukan teknik editing dan mixing audio.

Baca Juga: Mimpi jadi Kenyataan, Ozzy Osbourne Akhirnya Manggung Lagi Nyanyiin 'Paranoid' di Commonwealth Games!

Sound engineer juga harus mampu mengidentifikasi dan menentukan jenis bunyi serta sound effect yang tepat agar hasil rekaman sesuai dengan permintaan klien.

Editor : Wandha Nur Hidayat

PROMOTED CONTENT

Latest