Follow Us

Pengen Bahasa Inggris Lo Makin Jago? The British Institute: Sering-sering Nonton Film!

Reinaldy Royani - Sabtu, 30 Juli 2022 | 15:05
Pengen bahasa Inggris lo makin jago? sering nonton film deh!
PxHere

Pengen bahasa Inggris lo makin jago? sering nonton film deh!

HAI-ONLINE.COM – Hari gini, siapa sih yang nggak pengen jago ngomong bahasa Inggris? Bisa memudahkan kita berkomunikasi dengan banyak orang dari luar negeri, menjaring relasi, dan memperkuat karir. Nah, menurut The British Institute (TBI) ternyata ada cara yang cukup simple dan bisa lo lakuin buat melatihnya yaitu dengan sering nonton film!

Dengan menonton film atau serial berbahasa Inggris, kita akan terbiasa denger orang ngobrol pake bahasa Inggris.

Nah, setelah terbiasa, kita pastinya akan lebih mudah mempelajari kosakata, mengucapkan lafal kalimatnya, vocab juga nambah, dan pastinya makin jago dong!

Baca Juga: Mau Tau Apa Arti THR dalam Bahasa Inggris? Ternyata Ada Istilahnya!

  1. Sambil menyelam minum air
Menurut Marketing Communication Manager The British Institute (TBI), Diah Pratiwi, proses pembelajaran bahasa Inggris lewat nonton film ini kayak sambil menyelam minum air.

Dalam waktu yang bersamaan, lo bisa menapatkan lebih dari satu aspek keahlian berbahasa seperti listening, reading, writing, sampai conversation.

“Masyarakat luas khususnya anak – anak muda akan lebih termotivasi meluangkan waktunya untuk belajar karena mereka dapat melihat serta mendengarkan secara langsung daripada harus terpaku pada apa yang tertuang di dalam buku. Dinamis namun edukatif," papar Diah.

  1. Akan sangat efektif jika dilakukan dengan beberapa upaya lainnya.
Menambahkan statement di atas, Guru Bahasa Inggris TBI Pondok Indah, Ladiva Vania bilang kalo dengan menonton film bisa sangat efektif membantu kita dalam berlatih bahasa Inggris jika dilakukan dengan beberapa upaya lainnya.

“Melalui film, berlatih bahasa Inggris pun bisa dikategorikan efektif jika kita pro-aktif mencatat dan mencari tahu kosakata baru, menelaah idiom – idiom, latihan pelafalan seperti yang aktor ucapkan dan memilih film yang sesuai level bahasa kita untuk lebih dapat dipahami. Jadi selama menonton film dan menemukan kata - kata asing yang tidak dimengerti, jangan hanya dilewati saja," ungkap Ladiva dalam webinar English Day TBI x Kompas.com.

Baca Juga: Ingin Nilai TOEFL di Atas 500 dan Lolos Beasiswa? Ikuti 3 Tips Ini!

  1. Practice Makes Perfect
Tentunya kalo udah sering nonton film atau serial berbahasa Inggris, pastinya lo juga harus sering melatihnya sob! Banyak berlatih juga akan membuat kemampuan bahasa Inggris meningkat. Mungkin makin lama levelnya bisa lo naikin, dari yang awalnya pake subtitle Indonesia, terus pake subtitle Inggris, terus tanpa subtitle deh!

Selain itu, kemahiran ngobrol pake bahasa Inggris akan sulit dicapai kalo kita nggak punya temen ngobrol.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest