Follow Us

Demi Dukung Green Campus, Rektor UNS: Seluruh Mahasiswa Baru Bakal Wajib Bawa Bibit Pohon

Tanya Audriatika - Rabu, 20 Juli 2022 | 07:15
Demi Dukung Green Campus, Rektor UNS Sebut Mahasiswa Baru Bakal Wajib Bawa Bibit Pohon
Dok. laman UNS

Demi Dukung Green Campus, Rektor UNS Sebut Mahasiswa Baru Bakal Wajib Bawa Bibit Pohon

HAI-Online.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho menyebut bakal mewajibkan seluruh mahasiswa baru bawa bibit pohon dalam rangka mendukung program penghijauan di lingkungan kampus (Green Campus).

Diketahui, kegiatan penanaman pohon ini dilakukan bersama Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia (RI), Prof. Muhadjir Effendy.

Penanaman pohon ini nantinya bakal dilakukan di UNS Kampus Madiun, dan para mahasiswa mulai membawa bibit pohon tersebut sekitar Agustus mendatang, saat mahasiswa baru mulai ke kampus.

“Kami akan terus mendukung program pemerintah khususnya Menko PMK dalam penanganan pemanasan global, salah satunya dengan penanaman pohon ini. Rencananya, kami akan mewajibkan seluruh mahasiswa baru untuk membawa bibit pohon,” tuturnya dikutip dari laman UNS, Jumat (15/7/2022).

Prof. Jamal berharap, lewat aksi ini bisa jadi salah satu upaya buat mengurangi pemanasan global dan menghijaukan wilayah kampus UNS, baik kampus pusat maupun wilayah, sekaligus mengedukasi pentingnya menanam pohon.

“Budaya memotong dan menebang pohon juga harus kita kurangi. Jadi, semoga bisa menumbuhkan bersama-sama agar masyarakat suka menanam,” imbuhnya.

Baca Juga: Dosen Psikologi UNS: Nggak Cuma Pas Sukses, Gagal Juga Harus Dirayakan

Ia juga mengatakan kalau bibit pohon yang dibawa para mahasiswa nantinya akan beragam. Mulai dari bibit buah-buahan seperti mangga, nangka, rambutan, durian hingga tanaman kayu seperti beringin dan cemara.

Penanaman pohon yang dilakukan Menko PMK bersama Rektor UNS ini juga dalam rangka penanaman 10 juta pohon.

Lewat penanaman pohon ini harapannya dapat mengedukasi masyarakat, terutama mahasiswa untuk gemar menanam pohon. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest