Follow Us

Berkat 3 ‘Skill’ Ini, Elon Musk Sukses di Dunia Bisnis, Mahasiswa Boleh Ambil Pelajaran Nih!

Tanya Audriatika - Jumat, 08 Juli 2022 | 20:00
Elon Musk
businessinsider.com

Elon Musk

HAI-Online.com - Gaya kepemimpinannya sempat jadi sorotan setelah dinobatkan sebagai Person of the Year versi majalah Time pada 2021, Elon Musk dianggap sukses di dunia bisnis berkat 3 ‘skill’ ini.

Menurut Platform leaders.com, setidaknya ada 3 skill kepemimpinan Elon Musk yang dianggap sukses membuat dirinya jadi orang terkaya nomor dua di dunia versi majalah Forbes.

Universitas Pertamina (UPER) merangkumnya dalam kegiatan workshop kepemimpinan bertajuk "LEAD UP" pada Sabtu (04/06/2022).

Baca Juga: Kolaborasi Bisnis Mahasiswa ITB dan Universitas Prasmul Menangi Ajang Mondelez ‘Taste The Future Business Challenge’

  1. Kemampuan Beradaptasi
Direktur SDM PT. Pertamina (Persero) Periode 2018 – 2021, Koeshartanto menjelaskan, kini dunia mulai dihadapkan pada situasi yang penuh dengan perbedaan dan ketidakpastian. Kondisi ini dinilainya dapat memengaruhi kesuksesan organisasi.

“Untuk mengelolanya, para pemimpin muda berlomba-lomba untuk menciptakan lingkungan organisasi yang setara, inklusif, dan kondusif, atau dikenal dengan istilah DEI atau Diversity, Equity and Inclusion,” paparnya dalam keterangan resmi Universitas Pertamina yang dilansir melalui Kompas.com, Kamis (7/7/2022).

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Founder Helix Lab, Hendry Ramadhan sebut pentingnya menjadi agile leader.

Baca Juga: Dianggap 'Mainkan' Dogecoin, Elon Musk Diminta Ganti Rugi 3.800 Triliun

“Pemimpin yang lincah dan cekatan ini secara langsung akan menciptakan budaya dan keseharian organisasi yang juga dinamis terhadap perubahan,” terangnya.

Sementara itu, Co-founder & Chief Marketing Officer Jaramba, Erdy Suryadharma menekankan, seorang pemimpin harus dapat dengan cepat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi.

Ia menambahkan, organisasi juga perlu memanfaatkan penggunaan aplikasi daring untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi luaran kegiatan, dan menciptakan dampak yang lebih besar bagi lingkungan.

  1. Kemampuan mengelola konflik
Pembina sekaligus Founder Yayasan Inovasi Sosial Berkelanjutan, Edy Fajar Prasetyo, mengatakan, keberhasilan seorang pemimpin akan selalu dinilai dari keputusan yang dibuatnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest