Follow Us

Jarang Diketahui, 3 Manfaat Mengunyah Permen Karet Buat Kesehatan!

Reinaldy Royani - Sabtu, 02 Juli 2022 | 08:10
Manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan
Wikimedia

Manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan

Selain bikin kita kelihatan cool kayak Dave Grohl atau Lupus, mengunyah permen karet juga punya manfaat bagi kesehatan.

Melansir dari Eat This, menurut ahli gizi dan kesehatan Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, menjelaskan manfaat permen karet bagi kesehatan yang udah HAI rangkum buat lo!

Baca Juga: Jangan Cuma Mental Health, Kesehatan Gigi Juga Perlu Ditingkatkan

1. Mengurangi risiko gigi berlubang

Nah yang dimaksud di sini bukan permen karet yang manis ya! Tapi permen karet tanpa gula.

Ternyata kalo kita mengunyah permen karet tanpa gula, ada bukti yang menunjukkan bahwa tindakan ini bisa mengurangi risiko gigi berlubang saat mengunyahnya setelah makan untuk jangka waktu tertentu.

“Mengunyah (permen karet) juga bisa meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan penyebab potensial dan mengekspos gigi ke lebih banyak kalsium untuk menghasilkan gigi yang lebih kuat," jelas Manaker.

2. Memperlancar pergerakan usus besar

Menurut penuturan Manaker, jika kita mengunyah permen karet pasca operasi akan menstabilkan pergerakan usus besar pada saat buang air besar.

"Jika kita menjalani operasi gastrointestinal (GI) atau operasi yang melibatkan area tubuh itu (seperti bagian C), fungsi usus akan kembali lebih cepat jika kita mengunyah permen karet tanpa gula beberapa kali sehari setelah operasi," jelasnya.

3. Mengurangi risiko infeksi telinga

“Untuk anak-anak yang rentan terkena infeksi telinga, mengunyah permen karet dengan xylitol dapat membantu mengurangi risiko mengalami kondisi penyakit ini," ujar Manaker.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest