Follow Us

Review Film Run Uje Run (2020): Kisah Popstar Uje yang Hidupnya Berubah Setelah Diagnosis Parkinson

Tanya Audriatika - Selasa, 07 Juni 2022 | 20:35
Film komedi asal Swedia, Run Uje Run (2020).
mubi.com

Film komedi asal Swedia, Run Uje Run (2020).

HAI-Online.com - Setelah menghadiri acara Prescon Europe on Screen (EoS) 2022, Senin (6/6/2022) kemarin, tim HAI dapat kesempatan buat ikut press screening salah satu film festival yang bakal tayang di EoS, judulnya Run Uje Run.

Film komedi asal Swedia ini mengisahkan seorang popstar tahun 90-an, Uje Brandelius yang didiagnosis menderita penyakit Parkinson.

Disutradarai Henrik Schyffert, film genre drama komedi ini dibintangi Uje Brandelius, Bixi Brandelius, Vega Brandelius, Therese Hörnqvist.

Berlatar di Bredäng, pinggiran Stockholm, Uje dan keluarganya dihadapkan beragam pertanyaan eksistensial dan bagaimana mereka berjuang dalam keseharian mereka.

Di film ini lo bisa temuin elemen keluarga, pertemanan, dan percintaan antara Uje dan istrinya.

Di sini lo bisa lihat gimana usaha Uje untuk terus melanjutkan hidupnya seperti biasa tanpa memberi tahu semua orang, bahkan istrinya sendiri, soal penyakit Parkinson yang baru di deritanya.

Baca Juga: Europe on Screen 2022: Digelar Hybrid dan Siap Sajikan 69 Film dari 25 Negara Eropa!

Uje mulai kesulitan melakukan hal-hal kecil bahkan sepele seperti mengikat tali sepatu anaknya. Bahkan, mirisnya ia sempat kesulitan memainkan alat musik kecintaannya, Piano.

Pekerjaannya sebagai announcer, hubungan dengan keluarga dan teman kantornya-pun mulai ada jarak dan muncul beragam masalah. Efek samping dari penyakit itu juga yang membuatnya seringkali jadi ceroboh.

Tapi, meskipun ia sering menghadapi kesulitan, Uje tetap bersikukuh buat nggak kasih tau orang-orang terdekat soal penyakitnya.

Uje lalu memulai semuanya dari awal, ia mencoba berbagai hal. Mulai dari jadi stand up comedy, ikut kelas akting, bahkan ikut kelas seni. Semua ia lakukan biar ia tetap bisa melanjutkan hidupnya.

Apa dia bakal terus menutupi penyakit Parkinsonnya dari semua orang terdekatnya? Atau dia mulai mencoba mengungkapkan semua perasaannya selama ini?

Jawabannya bisa lo temuin dengan ikut nonton di festival film Europe on Screen 2022, mau lewat online ataupun offline. Tenang aja, ini gratis kok! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest