Follow Us

Ubah Tantangan Jadi Kesempatan, Pandemi Covid-19 Membawa TRUST Orchestra Rilis Album Symphonic Perdana 'Hari Ini Indah'

HAI Internship - Selasa, 07 Juni 2022 | 21:05
TRUST Orchestra
Dok. HAI

TRUST Orchestra

HAI-ONLINE.com - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama kurang lebih 2 tahun ini memang memberikan tantangan bagi semua jenis bidang, tak terkecuali dunia musik orchestra.

Namun, Trinity Youth Symphony Orchestra atau lebih dikenal dengan TRUST berhasil mendobrak tantangan pandemi dengan menghasilkan album symphonic perdana berjudul "Hari Ini Indah" pada Jumat (3/6/2022).

"Kalau nggak pandemi, saya rasa album ini tidak akan kejadian gitu karena di masa pandemi ini kita dipaksa beristirahat selama 2 setengah tahun dan memutar otak bagaimana caranya agar bisa tetap produktif," ungkap Nathania Karina, Konduktor dan Music Director TRUST.

Untuk menghasilkan album tersebut di masa pandemi, para anggota TRUST Orchestra yang berjumlah 110 orang melakukan latihan secara online dengan mengirimkan hasil rekaman selama mereka latihan dan nantinya akan dilihat secara satu persatu.

"Bahkan, blessing in disguise nya selama pandemi ini kami merekrut orang-orang barunya secara online. Jadi, seluruh Indonesia pun dapat mengikuti," jelas Yonathan Nugroho, CEO Trinity Optima Production.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Konser Jakarta Fair PRJ 2022 9 Juni - 17 Juli 2022

Album "Hari Ini Indah" melakukan proses rekaman secara live oleh youth orchestra dalam skala besar dan menjadi pertama kalinya di Indonesia.

Dengan terdiri dari dua genre musik, yaitu pop dan simfoni orchestra, album ini menghadirkan 5 lagu pop populer Indonesia yang kemudian diaransemen ulang dalam versi orkestra.

Melalui album tersebut, TRUST ingin menunjukkan bahwa orkestra tidak hanya memainkan lagu klasik, tapi bisa juga ditampilkan secara kasual, menyenangkan, dan tidak “eksklusif”. Album ini juga mengandung makna penting dari positivity, family & the power of young people, sehingga dapat menjadi penyemangat bagi orkestra komunitas lain di Indonesia dan menjadi salah satu tolak ukur untuk industri musik khususnya di bidang orkestra.

“Lewat persembahan album ini, TRUST berharap dapat meninggalkan legacy bagi generasi muda serta menciptakan sejarah bagi musik orkestra di Indonesia, dengan menunjukkan kemampuan melakukan rekaman dalam skala besar, mengeksplorasi berbagai genre dan memaksimalkan talenta lokal,” pungkas Nia.

Turut diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, Album "Hari Ini Indah" sudah bisa lo nikmati di semua platform music digital! Dukung dan sukses terus musik orkestra Indonesia!

(ariella kinari)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest