Follow Us

Pertama Kali Dave Grohl Dengerin Soundgarden - Black Hole Sun: Gila!

Reinaldy Royani - Selasa, 03 Mei 2022 | 21:00
Drummer Nirvana dan Vokalis Foo Fightes, Dave Grohl
YouTube

Drummer Nirvana dan Vokalis Foo Fightes, Dave Grohl

HAI-ONLINE.COM - Selain musik dan para musisinya yang memang keren, salah satu hal yang membuat skena musik Seattle di tahun 90an adalah pertemanan yang erat di antara band-bandnya.

Salah satunya drummer Nirvana, Dave Grohl dan vokalis Soundgarden, mendiang Chris Cornell.

Dave Grohl, dalam sebuah video, mengenang pertama kali ia mendengarkan album Superunknown yang dirilis pada tahun 1994.

Baca Juga: 3 Rocker Ini Percaya Kalo Alien Itu Ada. Tom DeLonge:

Frontman Foo Fighters ini juga menjelaskan bagaimana produser/engineer Adam Casper menunjukkan Black Hole Sun kepadanya dalam salah satu sesi rekaman terakhir Nirvana.

“Dia mainin Black Hole Sun dan gue berpikir, ‘Gila! lagu ini akan sangat besar!’ Karena menurut gue lagu ini adalah kombinasi sempurna dari Beatles dan Black Sabbath, komposisi yang gue dan Nirvana juga buat, tapi gue pikir kami nggak pernah sesukses itu mengaplikasikannya seperi album ini (Superunknown) dan secara spesifik lagu ini (Black Hole Sun),” ujar Dave.

Menurut Dave, ia merasakan bahwa lagu ini secara melodi lebih canggih dari apa yang dilakukan semua band seangkatan mereka di Seattle.

Baca Juga: Nggak Suka Karyanya Di-cover, Tapi Prince Kasih Pengecualian Untuk Foo Fighters. Kok Bisa?

“Album itu membuat standar baru untuk semua band di Seattle. Nggak ada orang yang punya suara kayak Chris (Cornell), nggak ada yang bisa main drum kayak Matt (Cameron).

"Mereka band yang luar biasa. Dua puluh tahun kemudian, gue berpikir album ini akan ditemukan anak-anak lo dan membuat mereka bertanya, ‘Wow, Ayah tahu band bernama Soundgarden?’ tambah Dave.

Setelah era 90an berakhir, Nirvana bubar dan Soundgarden hiatus pada tahun 1998. Dave Grohl pernah berkolaborasi dengan gitaris Kim Thayil dalam proyek heavy metal bersama Lemmy Kilmister di tahun 2004 bernama Probot.

Dan di tahun ini, Kim Thayil tergabung bersama bassist Dave Grohl di Nirvana, Krist Novoselic dan drummer Soundgarden dan Pearl Jam, Matt Cameron dalam supergrup 3rd Secret dan merilis album penuh tahun ini.

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest