Follow Us

Pelajar SMA Raih Juara Internasional dari Alat Penjernih Air Buatannya

Al Sobry - Senin, 04 April 2022 | 14:00
Alat penjernih buatan pelajar SMA IT Bina Amal

Alat penjernih buatan pelajar SMA IT Bina Amal

HAI-Online.com - Sekelompok pelajar SMA di Kota Semarang Jawa Tengah baru saja menorehkan prestasi gemilang dengan menyabet medali emas di ajang Malaysia Technology Expo 2022.

Untuk menjernihkan air, diperlukan proses tiga kali saring melalui pipa-pipa yang berisi bahan-bahan penyaring seperti arang, batu bata, serabut dan penyaring lainnya. Alat ini juga dilengkapi lampu sensor. Jika proses penyaringan sudah selesai atau sudah jernih, maka lampu akan menyala terang.

"Dengan metode filtrasi dan koagulasi. Tujuannya adalah untuk membersihkan air yang ada di sekitar kita. Karena air yang ada di sekitar kita itu masih termasuk air yang kotor dan sedikit tercemar," ujar Ahmad Nihmatullah Albari, mewakili tim siswa SMA IT Bina Amal.

Dengan niat baik itu, mereka pun bisa bersaing dengan 16 negara yang ikut kompetisi di ajang Malaysia Technology Expo 2022.

Mahardian Muhammad Firdaus, selaku guru pembimbing SMA IT Bina Amal mengatakan alat buatan muridnya sesuai riset baik secara keilmuan dan juga tujuan.

Alhasil, alat penjernih air ciptaan siswa SMA IT Bina Amal berhasil memukai dan meraih medali emas tingkat internasional.

Baca Juga: Mahasiswa UNAIR Berhasil Bawa Pulang Medali Perak POMPROV 2022

"Lingkungan sekitar kita airnya masih keruh, belum jernih dan kotor. Dari situ, anak-anak mencari studi literatur mana yang tepat untuk menciptakan prototipe yang bisa menjadikan air kotor yang bisa dikonsumsi atau dipakai oleh masyarakat sekitar. Setelah mencari studi literatur, anak-anak mencoba memasukkan hasil karyanya ke Jakarta," ucap Firdaus.

Selain menyabet medali emas, karya lima siswa SMA ini juga mendapat Best Social Award dari Polandia.(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest