Follow Us

Ketahui Mood Kucing dari Macam-Macam Pose Tidur Mereka

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 28 Februari 2022 | 21:05
Kucing bengal
Pixabay

Kucing bengal

HAI-Online.com – Tahukah kalian bahwa pose atau posisi tidur kucing itu bisa menggambarkan mood atau suasana hati mereka?

Seperti yang kita tahu, pose tidur kucing itu macem-macem, mulai dari meringkuk dengan melengkungkan tubuhnya, telentang dan memperlihatkan perutnya, mendekam, miring, hingga tidur dengan mata setengah terbuka.

Ternyata, tiap pose ini punya arti tersendiri yang merepresentasikan suasana hati mereka lho.

Buat lebih jelasnya, simak nih arti 5 pose tidur kucing, sebagaimana dirangkum dari Newsweek:

  1. Meringkuk atau melingkar
Terkadang kucing akan tidur melingkar atau meringkuk dengan menyatukan kaki belakangnya bertemu dengan kepalanya ketika mereka kedinginan.

Kucing liar yang hidup di jalanan atau hutan, akan mengambil pose tidur ini untuk dua maksud. Pertama, untuk menghangatkan tubuhnya. Dan kedua, untuk melipat tubuhnya menjadi kecil agar nggak terlihat oleh predator.

Menurut dr. Lori Teller dari Texas A&M University, dalam pose ini kucing juga sering menutup matanya dengan kedua kaki depannya.

"Kucing mengambil posisi ini jika dirinya merasa sangat nyaman atau kelelahan, dan seolah memberi tanda agar tak ada yang mengganggu karena mereka berniat tidur lelap," tutur Teller.

Baca Juga: 7 Hewan yang Jadi Simbol Kematian dan Nasib Buruk, Apa Sebabnya?

  1. Tidur dengan mata setengah terbuka
Terkadang dalam berbagai macam pose, kucing akan terlelap dengan mata setengah terbuka. Dalam pose ini, kucing mengalami dua fase kesadaran, yaitu setengahnya tertidur, dan setengahnya lagi terjaga waspada.

Kucing akan tidur dalam kondisi begini jika ia merasa lingkungan di sekitarnya nggak terlalu aman, sehingga mereka merasa harus tetap waspada terhadap bahaya musuh atau predator.

  1. Mendekam
Ketika mendekam, kucing biasanya akan melipat kaki dengannya ke depan tubuhnya.

Source : Newsweek

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest