Follow Us

Dianggep Ikon Musik ‘80-an, Ahmad Dhani Sebut Fariz RM Bukan Cuma Jenius, tapi Juga Ganteng

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 27 Februari 2022 | 18:48
Fariz RM jadi salah satu musisi yang menginspirasi Ahmad Dhani.
Kolase HAI

Fariz RM jadi salah satu musisi yang menginspirasi Ahmad Dhani.

HAI-Online.com – Udah bukan rahasia lagi bahwa Fariz RM diakui sebagai salah satu musisi yang berpengaruh di industri musik Indonesia, termasuk bagi Ahmad Dhani.

Pentolan Dewa 19 tersebut mengakui bahwa ia tumbuh mengidolai Fariz RM.

“Saya sempat nonton Fariz RM waktu SMA dan beliau itu gagah sekali. Nggak cuma jenius, tapi juga ganteng, juga keren. Sehingga wajar beliau waktu itu jadi bintangnya Indonesia tahun 1980-an,” kenang Dhani, mengutip channel YouTube Video Legend miliknya.

Dhani pun nggak memungkiri sosok Fariz RM udah ngasih dirinya inspirasi untuk bermusik. Sebagai seorang multi-instrumentalis, Fariz RM dianggapnya sangat jenius kala itu.

“Fariz Rustam Munaf ini musisi jenius. Sebenernya juga menginspirasi saya, tapi saja nggak bisa seperti beliau,” jelasnya.

Baca Juga: Sebut ‘Bukan Cinta Manusia Biasa’ Lagu Terbaik Dewa 19 Meski Kurang Laku, Ahmad Dhani: di Dunia Nggak Ada yang Kayak Gitu

Jadi bisa aja, Dhani yang secara teknis pun sebenarnya bisa memainkan berbagai alat musik banyak belajar dari sosok musisi jazz fusion tersebut.

“Fariz RM bisa main bas, bisa main drum, bisa main gitar. Di lagunya dia yang pertama, 'Sakura', dia main bas sendiri, main drum sendiri, main gitar sendiri, nyanyi sendiri,” puji Dhani.

Menurutnya, Fariz RM menjadi salah satu musisi yang merepresentasikan kejeniusan musik Indonesia di era '80-an. Ia secara blakblakan menyebut musik di masa itu udah sangat berbeda dengan sat ini.

“Jadi zaman dulu tahun '80 sama tahun sekarang ini beda banget. Kalo nggak jenius banget itu nggak rekaman,” tegasnya.

Dhani menambahkan, “Jadi musisi Indonesia waktu itu memang bener-bener jenius banget." (*)

Baca Juga: Ahmad Dhani Kepengen Dewa 19 Kolab dengan Dewa Budjana dan Indra Lesmana, Bawain Lagu Band Ini

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular