Follow Us

Inilah 8 Profesi 'Masa Depan' yang Bisa Kamu Geluti dengan Kuliah Jurusan Cybersecurity

Bagas Rahadian - Minggu, 23 Januari 2022 | 18:15
Ilustrasi hacker
iStockphoto

Ilustrasi hacker

HAI-Online.com – Kejahatan cyber saat ini terus meningkat dan mengancam dunia, sebagaimana dikutip dari laman resmi Binus dari Kompas.com.

Oleh karena itu, baik pihak industri dan pemerintah membutuhkan ahli keamanan siber untuk melawan dan bertahan dari ancaman ini. Jurusan ini memberikan mahasiswanya keahlian teknis yang dibutuhkan untuk melawan kejahatan siber yang makin marak saat ini.

Jurusan Cyber Security dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian untuk sistem dan jaringan pengujian, desain dan implementasi arsitektur pertahanan siber di bidang keamanan siber.

Baca Juga: Jadwal Perilisan Mission Impossible 7 dan 8 Kembali Ditunda akibat Pandemi Prospek kerjanya terbuka lebar. Di masa sekarang dan masa depan, keahlian di bidang komputer masih sangat dibutuhkan oleh industri.

Termasuk bagi lulusan Cyber Security, prospek kerjanya terbuka lebar. Setelah lulus dari perguruan tinggi, mahasiswa cyber security dapat berkarier di 8 bidang ini: 1. Computer Programmer

Profesi ini bertugas dalam merancang, mengembangkan, memodifikasi, serta menguji code, form, dan script pada aplikasi komputer.

Pekerjaan menjadi programmer tentunya akan sangat dibutuhkan mengingat perkembangan dunia IT yang semakin pesat. 2. Information Security Analyst

Seseorang yang bertugas untuk mengembangkan sistem keamanan yang menjaga jaringan dan sistem suatu instansi maupun perusahaan.

Semakin majunya teknologi, memicu munculnya cyber crime.

Hal ini akan membuka banyak peluang kepada para sarjana cyber security untuk berkarier menjadi Information Security Analyst. 3. Big Data Architect

Seorang praktisi dalam disiplin ilmu IT yang berkaitan langsung dalam merancang, membuat, menyebarkan dan mengelola arsitektur data instansi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest