Follow Us

Ketat Banget! Sekolah PTM Kini Punya Kartu Pelajar Digital, Ortu Bisa Tahu Kalo Anaknya Bolos Kelas

Al Sobry - Jumat, 24 Desember 2021 | 08:42
Kartu Pelajar Digital sudah tersedia di 5000 lembaga pendidika

Kartu Pelajar Digital sudah tersedia di 5000 lembaga pendidika

Dari PTM itu, belakangan justru muncul banyak kasus mengenai siswa yang bolos dan pura-pura berangkat sekolah hanya demi mendapatkan uang jajan dari ortu mereka.

Baca Juga: Jangan Ditiru, Siswa di Jawa Timur Ini Kecanduan Game Online Sampai Bolos Sekolah 4 Bulan

Hal ini memunculkan kekhawatiran karena siswa-siswa yang bolos ini berkeliaran di luar sekolah sehingga berpotensi tertular virus Covid-19.

Fakta ini mendorong Infradigital menciptakan sebuah inovasi kartu pelajar elektronik yang mampu memberikan kemudahan pengecekan absensi siswa secara real time tidak hanya oleh wali kelas saja, namun juga oleh ortu siswa masing-masing.

Kartu ini dapat menginformasikan ke orangtua secara langsung apabila ada siswa yang absen atau tidak masuk, dengan catatan orangtua tersebut telah mengunduh aplikasi Pelajar.

Co-Founder & CEO Infradigital Ian McKenna memandang bahwa sistem absensi manual siswa sudah harus ditinggalkan karena memakan banyak waktu.

"Dengan demikian inisiasi kartu pelajar digital ini adalah cara praktis untuk mengotomatisasi seluruh pelacakan absensi," kata Ian McKenna dikutip HAI dari Tribunnews, Jumat (24/12/2021).

Apalagi jika melacak ketidakhadiran untuk ratusan atau ribuan siswa adalah proses operasional yang kompleks untuk sekolah.

"Ini adalah area di mana digitalisasi harus benar-benar dapat membuat peningkatan efisiensi 10 kali lipat,” kata Ian lagi.

Nggak cuma memudahkan, Ian juga menyebutkan banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sekolah menggunakan Kartu Pelajar dari Jaringan IDN ini,

Pertama, kartu fisik ini dapat digunakan oleh siswa dari berbagai usia dan jenjang pendidikan.

Kedua, pemberitahuan langsung ke ponsel orangtua bahwa anak mereka telah tiba di sekolah dengan selamat membuat pikiran mereka jadi tenang.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest