Follow Us

Review Film Encanto: Pesan Indah Buat Keluarga, yang Penuh dengan Magis

Alvin Bahar - Rabu, 24 November 2021 | 15:27
Madrigal, keluarga yang dikisahkan di Encanto. © 2021 Disney. All Rights Reserved.
Disney

Madrigal, keluarga yang dikisahkan di Encanto. © 2021 Disney. All Rights Reserved.

HAI-ONLINE.COM - Kita semua pasti pernah ngalamin atau mendengarnya: ketika punya kemampuan sesuatu, pasti selalu diandelin keluarga. Misalnya, mentang-mentang kita cowok anak pertama dan bisa nyetir, bisa dijadiin "supir" keluarga meski sebenarnya masih ada yang bisa bawa mobil juga.

Atau hal-hal malesin yang berkaitan dengan stigma. Kayak anak bungsu wajib dijagain yang lebih tua, meski sebenarnya udah gede.

Kalo merasa relate sama hal-hal ini, film animasi terbaru Disney, Encanto, kayaknya perlu ditonton bareng keluarga.

Film ini bercerita tentang keluarga Madrigal, sebuah keluarga yang tinggal di rumah ajaib, yang tersembunyi di daerah pegunungan Kolombia, tepatnya di Encanto - kota penuh warna yang memukau.

Keajaiban Encanto memberikan bakat spesial untuk setiap anggota keluarga Madrigal, mulai dari tenaga super hingga kemampuan untuk menyembuhkan – semua anak memiliki kekuatan ajaibnya masing-masing, kecuali Mirabel.

Pada akhirnya, anak yang punya kekuatan super selalu diandalkan untuk mengangkat barang-barang berat. Yang punya kemampuan memperindah kota, dituntut membuat segalanya sempurna. Mirabel pun merasa terkucilkan karena nggak memiliki keistimewaan.

Baca Juga: Jadi Spin-off Big Hero 6, Series Baymax! Bakal Tayang di Disney+ pada 2022

Semua merasa terkekang, semua merasa nggak jadi diri sendiri karena "terjebak" di kekuatannya, tetapi nggak ada yang berani berbicara.

Di sinilah tugas Mirabel, sebagai seseorang yang nggak punya kekuatan apapun, mencoba mengingatkan seberapa penting menjadi diri sendiri. Namun di sisi lain, ia juga merasa dirinya butuh kekuatan agar diterima di kotanya sendiri.

Segala konflik di film ini dikemas secara apik dan diselipi dengan penuh makna kuat. Meski sebenarnya banyak pertanyaan yang nggak terjawab (kayak kok bisa sih tau-tau dapat hal magis tanpa penjelasan?), tetapi kalo mengingat Encanto adalah film yang ditujukan untuk seluruh anggota keluarga, rasanya bisa dimaklumi.

Ditambah sisipan adegan bernyanyi khas film animasi Disney, plus produksi gambar yang sangat detil dengan warna cerah, tentunya Encanto bukanlah film yang bakalan lo tonton ketika ke bioskop bareng temen geng atau pacar. Sebaiknya bawalah adik, papa, mama, dan rasakan magisnya.

Encanto tayang mulai 24 November 2021 di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest