Follow Us

Jarang Disadari, Inilah 7 Gejala Kanker Usus Besar pada Cowok

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 20 November 2021 | 08:41
Gejala Sindrom iritasi usus besar
pixabay

Gejala Sindrom iritasi usus besar

HAI-Online.com – Karena sistem pencernaannya kompleks, gejala kanker usus besar kerap sulit dideteksi. Karenanya, melakukan pemeriksaan kanker usus besar secara teratur jadi hal yang penting banget, nggak terkecuali bagi cowok usia muda.

Risiko kaum adam terkena kanker usus besar secara keseluruhan sendiri sekitar 1:22 atau setara dengan 4,49 persen.

Banyak gejala yang dapat mengindikasikan kanker usus besar. Meski begitu, gejala tersebut nggak selalu berarti ia mengidap penyakit ini.

Namun gejala-gejala ini juga nggak bisa dianggap remeh. Buat kalian yang baru mengalami gejala ini dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter biar nggak salah diagnosis, guys.

Untuk lebih jelasnya, simak nih 7 gejala kanker usus besar pada cowok, melansir Medical News Today.

Baca Juga: Anak Muda Usia 20an Juga Rentan Alami Gagal Jantung, Begini Cara Cegahnya

  1. Perubahan kebiasaan buang air besar
Sakit perut atau infeksi ringan sering dapat menyebabkan perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit, diare. Orang yang sembelit mungkin akan buang air besar lebih jarang.

Sebaliknya, orang yang diare biasanya akan memiliki frekuensi buang air besar lebih sering. Namun masalah ini biasanya sembuh dalam beberapa hari saat penyakitnya mereda.

Perubahan kebiasaan buang air besar yang berlangsung lebih dari beberapa hari bisa jadi merupakan tanda adanya masalah kesehatan.

Nah jika lo memiliki gejala-gejala ini secara teratur atau selama lebih dari beberapa hari, segera konsultasikan kepada dokter.

  1. Kram dan kembung
Kram atau kembung sesekali adalah masalah pencernaan umum yang dapat terjadi karena sakit perut, gas, atau makan makanan tertentu.

Sering mengalami kram dan kembung yang nggak dapat dijelaskan penyebabnya bisa menjadi tanda kanker usus besar, meskipun gejala ini lebih sering merupakan akibat dari masalah kesehatan lainnya.

Source : Medical News Today

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest