Follow Us

Inilah 7 Tsunami Terbesar di Dunia, Sering Datang di Pertengahan dan Akhir Tahun

Ferry Budi Saputra - Senin, 18 Oktober 2021 | 15:15
Ilustrasi dampak setelah tsunami
Pixabay/WikiImages

Ilustrasi dampak setelah tsunami

HAI-Online.com – Tsunami adalah bencana alam yang disebabkan oleh pergeseran lempeng, tanah longsor, erupsi gunung api, dan lain-lain.

Gelombang air laut yang tinggi ini bisa bergerak dengan sangat cepat dengan ketinggian gelombang hingga 30 meter.

Baca Juga: Selain Daunnya yang Berguna Buat Ikan Cupang, Ini Manfaat Lain Pohon Ketapang

Indonesia pun pernah mengalami tsunami, salah satu yang mungkin masih lekat di ingatan yaitu tsunami Aceh pada tahun 2004.

Saat itu, tsunami dahsyat terjadi setelah gempa dengan kekuatan 8,9 SR. Gelombang air laut itu seketika meluluh lantahkan rumah-rumah dan memakan korban jiwa yang sangat banyak.

Perlu lo ketahui juga bukan hanya tsunami yang terjadi di Aceh saja yang tercatat sebagai tsunami terbesar di dunia. Berikut ini ada beberapa peristiwa tsunami yang tercatat sebagai tsunami yang paling mematikan sepanjang sejarah.

Melansir Kompas.com, informasi dari Live Science, berikut ini adalah daftarnya:

1. Tsunami di Laut Mediterania

Tsunami ini terjadi pada 8.000 tahun yang lalu. Berawal dari gunung berapi menyebabkan longsoran di Sisilia yang menabrak laut dengan kecepatan 321 km per jam. Peristiwa itulah yang menyebabkan tsunami dahsyat hingga ke seluruh Laut Mediterania.

Nggak ada catatan sejarah mengenai peristiwa ini, hanya ada catatan geologis. Meski begitu, para ilmuwan menyebut ketinggian gelombangnya lebih dari bangunan 10 lantai.

2. Tsunami di Portugal

Gempa bumi dahsyat terjadi di Lisbon, Portugal, pada 1 November 1755. Efeknya gempa itu mengguncang sebagian besar wilayah Eropa dan disusul tsunami dahsyat serta kebakaran hebat. Peristiwa ini tercatat telah menewaskan lebih dari 60.000 orang.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest