Follow Us

Penjelasan Kenapa Orang Indonesia Cenderung Demen Konten Horor

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 02 September 2021 | 21:05
20 Film Horor Indonesia Paling Laris di Tahun 2018
IMDb

20 Film Horor Indonesia Paling Laris di Tahun 2018

HAI-Online.com – Nggak bisa dipungkiri, konten berbau horor masih digemari masyarakat, khususnya Indonesia sampai sekarang.

Meski film-film bergenre horor udah nggak sebanyak dulu, tetapi konten serem tersebut masih banyak kita temui di berbagai platform media sosial.

Sebut aja thread-thread cerita horor di Twitter atau petualangan penelusuran mistis di YouTube.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Horor Favorit Jenna Ortega yang Layak Lo Tonton

Namun sebenernya kenapa sih orang Indonesia demen banget sama konten bernuansa horor? Ternyata fenomena ini ada penjelasan ilmiahnya, guys.

Terkait hal ini, Psikolog Klinis Veronica Adesla menjelaskan bahwa orang-orang cenderung menyukai konten horor karena ada sensasi penasaran dan ingin tahu lebih lanjut.

"Ada sensasi waktu nonton, ada deg-degannya, ada penasarannya, ada keingintahuan penonton seperti ini nanti kelanjutannya gimana, dan adegan-adegan seru," jelas Vero kepada Kompas.com, Minggu (29/8/2021).

Sensasi-sensasi itulah yang kemungkinan besar memang yang menjadi daya tarik dari kisah-kisah horor yang dibuat di berbagai platform hiburan. Nggak hanya kisah horor, kisah-kisah mistis juga dinilai masih ramai penonton, termasuk di Indonesia.

"Kalau berbau mistis dan horor, ini memang mayoritas masyarakat masih mempercayai kayak cerita-cerita mistis tertentu, karena budaya masih match (sesuai)," lanjut dia.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Anime Horor di Tahun 2021, Dijamin Bikin Merinding

Menonton konten horor atau serem, menurut Vero, punya dampak bagi penikmatnya. Meski begitu, dampak dari menonton konten horor itu bergantung pada sifat yang dimiliki suatu individu.

Tipe-tipe penikmat horor

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular