Follow Us

Sepatu Lo Bau Apek? Coba Ikuti 4 Cara Ini Buat Ngilangin Baunya

Dok Grid - Senin, 22 April 2024 | 12:11
Ilustrasi Sneakers
pixabay.com

Ilustrasi Sneakers

HAI-Online.com - Penah nggak sih lo ngerasain sudah sering cuci sepatu nih, tapi sepatu tetap aja bau apek. Apalagi pas pakai sepatu dalam jangka waktu lama dan nggak pernah dilepas sedikit pun.

Tentu hal ini menjadi PR sendiri bagi kita yang sering banget mengenakan sepatu tiap bepergian kemanapun. Dalam hal ini, untuk mencegah bau semakin parah, alangkah baiknya lo selalu memakai kaos kaki juga supaya keringat kaki bisa terserap dan nggak meninggalkan bau yang tak sedap.

Jika sepatu masih terasa basah dan lembab sesudah dipakai, segera keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara lainnya bisa ambil koran bekas, remas-remas, dan masukkan ke dalam lubang sepatu selama semalaman.

Tapi, kalo memang masih bau juga, maka ada beberapa cara mengatasi agar bau apek itu bisa hilang. Simak caranya di bawah ini dilansir dari Kompas.com.

1. Serap bau dengan baking soda

Car pertama, lo bisa ambil dua kaos kaki yang sudah nggak terpakai, lalu isi dengan baking soda. Kemudian masukkan kaos kaki ke lubang sepatu, diemin selama 6 jam. Baking soda ini efektif menyerap bau nggak sedap yang ada di sekitarnya.

Lo juga bisa menaburkan baking soda langsung ke lubang sepatu. Pastikan semua permukaan terkena bubuk baking soda. Setelah semalaman, cuci sepatu dan keringkan.

Baca Juga: Ini Perbedaan BNWB dan BNOB dalam Dunia Sneakers yang Wajib Diketahui

2. Bekukan sepatu di freezer

Dengan alasan bakteri yang mudah berkembang biak di tempat yang lembab dan gelap, hal ini perlu lo lakukan. Cara membekukan sepatu ini bisa membuat bakteri sumber bau tak sedap akan berhenti berkembang biak dan mati.

Caranya yaitu masukkan sepatu yang sudah dicuci dan dikeringkan ke dalam plastik ziplock, kemudian masukkan ke dalam freezer semalaman. Paginya bau tak sedap itu akan hilang.

3. Serap bau dengan pasir kucing

Ternyata pasir untuk kucing juga bisa untuk menyerap bau lho. Jadi untuk menghilangkan bau tak sedap sepatu, masukkan pasir kucing ke dalam kaos kaki dan masukkan kaos kaki ke dalam lubang sepatu.

Setelah 5 hingga 6 jam, keluarkan kaos kaki dari dalam sepatu. Nah, bau itu akan menghilang terserap pasir.

4. Netralkan dengan cuka

Caranya buat campuran dari air dan cuka dengan perbandingan 1:1. Masukkan ke dalam botol semprot, dan gunakan menyemprot sepatu tiap kali aroma apek keluar dari dalam sepatu. Cuka ini bisa menetralkan bau karena kandungan asam di dalamnya bisa menutup bau tak sedap yang berada di dalam sepatu.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa lo lakukan untuk mengusir bau apek dari sepatu. Bisa kok langsung lo coba.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Usir Bau Kaki di Sepatu, Caranya Cuma Pakai Bahan yang Ada di Rumah!

Source : KOMPAS.com

Editor : optimization

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest