Follow Us

Inilah 10 Bahasa yang Paling Banyak Dipakai di Dunia, Termasuk Indonesia!

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 06 Agustus 2021 | 17:00
Peta bahasa dunia
Wikimedia

Peta bahasa dunia

HAI-Online.com – Kalian mungkin udah tahu bahwa Inggris dan Mandarin merupakan bahasa yang paling banyak dipakai di dunia, bahkan sampai dijadikan bahasa Internasional.

Nggak heran, kedua bahasa tersebut menjadi bahasa dengan penutur terbanyak di dunia.

Namun sebenarnya selain Inggris dan Mandarin, ada beberapa bahasa yang penggunanya cukup banyak, termasuk Indonesia!

Nah buat nambah wawasan kalian kalo suatu saat pengen belajar bahasa baru, HAI bakal bagiin 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dilansir dari laman Zenius Education, Jumat (5/8/2021):

  1. Inggris (Jumlah penutur: 1,13 miliar)
Lebih dari 60 negara di dunia menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, sebut saja Amerika Serikat, Australia serta Selandia Baru.

Bahkan, cukup banyak lembaga pendidikan di berbagai negara yang menjadikan bahasa ini sebagai bahasa sehari-hari. Ini karena sejarah Inggris sendiri pernah menginvasi banyak negara di dunia. Membuat pengaruh bahasa Inggris cukup kuat dan menjadikan bahasa ini sebagai bahasa internasional.

Baca Juga: Inilah 5 Hal Terbesar di Dunia yang Ternyata Ada di Indonesia

  1. Mandarin (1,12 miliar)
Bahasa Mandarin menempati urutan kedua sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Bahasa ini bagian dari rumpun bahasa Sino-Tibet yang tersebar di sebagian besar negara di wilayah Asia. Lima bahasa Tiongkok utama yaitu Mandarin, Yue yang meliputi Kanton, Min, Wu dan Hakka juga digunakan di Taiwan, Singapura dan Malaysia.

  1. Hindi (615 juta)
Bahasa Hindi adalah bahasa resmi di India selain bahasa Inggris, dan bahasa ini merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia setelah bahasa Mandarin dan bahasa Inggris.

Negara India sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi terbesar kedua setelah Tiongkok di dunia. Hal itu menjadikan bahasa Hindi berada di posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

  1. Spanyol (534 juta)
Bahasa ini merupakan bahasa resmi negara Spanyol dan beberapa negara seperti Meksiko, El Salvador, Chile, dan Argentina.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest