Follow Us

Panduan Supaya Emak-emak Atau Orang yang Kurang Ngerti Jadi Paham Sama Fitur COD di Ecommerce

Alvin Bahar - Minggu, 16 Mei 2021 | 12:00
Ilustrasi Cash on Delivery
Stockvault

Ilustrasi Cash on Delivery

HAI-ONLINE.COM - Fitur cash on delivery (COD) yang harusnya memudahkan, malah menyusahkan ketika orang yang pake nggak ngerti.Yap, belum lama ini viral emak-emak ngomong kasar ke kurir karena paketnya nggak sesuai.Belum lama ini juga ada kurir yang ditodong pistol karena paketnya nggak sesuai. Padahal harga barangnya cuma Rp40 ribu. Mahalan juga pistolnya.Ya gini nih kalo nggak paham, main pake fiturnya aja tanpa tau plus minusnya.Makanya HAI bikin panduan ini biar lo bisa unjukin ke orang yang nggak paham sama fitur COD di marketplace dan ecommerce.

Baca Juga: Viral Emak-emak Maki Kurir dengan Kata Kasar Gara-gara Isi Paket Nggak Sesuai Pas COD1. Fitur COD dihadirkan supaya orang yang nggak punya rekening bank bisa belanja online juga. Namanya kan Cash On Delivery.2. COD di marketplace/ecommerce beda dengan COD belanja di Facebook atau Kaskus.3. Yang COD dengan pembeli itu kurir, pihak ketiga. Bukan seller atau orang yang bertanggung jawab langsung dengan seller.4. Sistem COD memfasilitasi bagi orang yang nggak bisa/nggak mau bayar via transfer, mau/bisanya via uang cash. Masalah pengembalian barang adalah setelah dibayar dan ada proses lanjutan di aplikasi. Bukan ke kurir langsung.5. Tanggung jawab jasa pengiriman hanya untuk mengantarkan paket tepat waktu sesuai SLA pengiriman kepada pembeli.

6. Selain itu, pihak kurir juga bertugas untuk memastikan paket tetap dalam kondisi baik dari sisi packaging7. Bakal masalah buat kurir kalo barang dirusak packing-nya dan ia nggak terima uang. Karena kalo sampe nggak bawa bukti penerimaan barang target kurir nggak tembus, intensif nggak keluar.8. Jadi, jangan mentang-mentang pake opsi COD bisa seenaknya ngecek barang atau mastiin isinya sesuai atau nggak, tapi nggak mau bayar dulu.9. Kalo sengaja nolak bayar atau nggak ada di tempat, bisa diblock dari fitur COD lho.10. Jadi, kalo COD tuh: Bayar ke kurir, terima paket, siapkan hape untuk videoin paket, supaya ketika dibuka ada bukti kalo paket nggak sesuai atau rusak.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest