Follow Us

Apa Arti Insecure Dalam Bahasa Gaul? Ketahui Pengertiannya Dulu Nih

Ferry Budi Saputra - Selasa, 06 Juni 2023 | 17:21
Kata Insecure Sering Muncul di Media Sosial, Ternyata Ini Artinya
Pixabay.com

Kata Insecure Sering Muncul di Media Sosial, Ternyata Ini Artinya

HAI-Online.com - Kata insecure belakangan ini erat kaitannya dengan bahasa gaul yang sering digunakan di media sosial. Tetapi, tau nggak sih kalian sebenarnya apa sih arti dari kata insecure itu?

Baca Juga: Sering Dengar Kata Membagongkan di Media Sosial? Ini Dia Artinya

Arti kata insecure sering disangkutkan dengan perasaan yang muncul karena pengalaman tertentu dan biasanya kata ini juga sering disampaikan kepada orang yang keadaannya terlihat tidak percaya diri.

Kata insecure dalam bahasa inggris artinya tidak aman. Melansir dari Alodokter.com, arti insecure adalah menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Rasa insecure adalah hal yang normal terjadi pada siapapun.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar atau dari dalam diri sendiri.

Contoh penyebab perasaan insecure yang berasal dari luar adalah perlakuan dipandang sebelah mata oleh orang lain, bullying atau perlakuan overprotective dari orang tua dan pasangan. Sementara contoh penyebab yang dari dalam adalah perasaan kesepian dan sifat terlalu perfeksionis.

Baca Juga: Wajib Tahu Ini Arti Kata Edgy yang Sering Muncul di Media Sosial

Insecure juga sering digunakan banyak anak muda saat sedang mengomentari suatu keadaan yang membuat kita nggak nyaman atau malah membuat kita tambah down, semisal, "Masa baru pake sepatu sneakers lo yang kemarin udah kapok, ahh insecure lo" atau "Yuk kita ke GI, masa nggak mau lo, insecure ah males".

Kata insecure ini menjadi populer dan banyak digunakan oleh kalangan anak muda di media sosial, apalagi sejak film garapan Ernest Prakasa yang berjudul Imperfect. Dalam film itu bercerita tentang Rara yang memiliki insecurity terhadap dirinya karena terlahir gemuk dan berkulit gelap membuat dia nggak pede.

Nah, jadi udah pada tau kan arti kata insecure, kalau bisa ya pede aja jangan pernah merasa nggak percaya diri atau pun malu terhadap diri sendiri, setiap orang punya keistimewaannya sendiri-sendiri.

Baca Juga: Ini Asal Usul dan Arti Kata 'Gelay' yang Sering Muncul di Media Sosial

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest