Follow Us

Supaya Nggak Mules, Ada 4 Cara Minum Kopi Bagi Pengidap Gerd

Annisa Putri Salsabila - Sabtu, 20 Februari 2021 | 13:10
Kopi menjadi ketakutan tersendiri untuk para pengidap GERD. Namun, ada 4 cara supaya minum kopi nggak bikin mules
shutterstock

Kopi menjadi ketakutan tersendiri untuk para pengidap GERD. Namun, ada 4 cara supaya minum kopi nggak bikin mules

HAI-Online.com - Untuk yang suka nongkrong di kafe, tapi pesennya menu non kopi? Kenapa tuh? takut asam lambung kumat yee?

Emang sih, bagi sebagian pengidap sakit asam lambung yang sering kali disebabkan setelah minum kopi, bikin insecure nyobain minum kopi-kopian meskipun cuman sedikit aja.

Akhir-akhir ini kopi selalu jadi salah satu minuman primadona untuk banyak orang.

Sayangnya, meski punya banyak manfaat, kopi juga bisa mendatangkan masalah kesehatan, misalnya pada mereka yang mengalami gangguan refluks.

Baca Juga: Video Unta di Arab Saudi Ini Jadi Viral Lantaran Ekspresi Kebingungan Diterpa Salju

Namun, dengan trik tertentu pada penderita gangguan refluks masih bisa menikmati kopi di pagi hari tanpa harus kuatir bakal terjadi gangguan di sekitar lambung. Selama ini kita mengenal, orang dengan gangguan refluks seperti Gerd memang kerap terpicu gejalanya ketika mulai mengonsumsi minuman berkafein dan kopi.

Ketika seorang penderita Gerd mengonsumsi zat tertentu, hal tersebut menyebabkan iritasi pada sfingter esofagus di bagian bawah. Lemahnya sfingter esofagus bagian bawah bikin makanan yang udah ditampung di lambung naik kembali ke kerongkongan atau bisa aja hanya berupa cairan asam lambung.

Umumnya kopi punya pH 5 yang membuatnya bersifat asam. Nah, makanan dan minuman dengan kandungan asam atau lemak yang tinggi seringkali memicu gejala refluks, termasuk mulas.Namun, kalo kita ngobrolin tentang kopi, asam bukanlah penyebab utama mulas terkait Gerd. Meskipun banyak orang mengaitkan gangguan refluks ini dengan asam yang ada dalam kopi, beberapa ilmuwan percaya sebaliknya.

Kopi punya banyak komponen, antara lain asam klorogenat, katekol, dan pirogallol.

Dalam studi sebelumnya tentang korelasi antara mulas dan kopi, para ilmuwan menetralkan kandungan asam dalam kopi. Yang mengejutkan, ternyata masih ada penderita Gerd yang mengalami mulas setelah minum kopi.

Temuan mereka menunjukkan, salah satu bahan itu mungkin nggak cuman memicu mulas, namun kombinasinya dapat menyebabkan reaksi yang merugikan.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular