Follow Us

Bukan Typo, Ini Pengertian Periodt yang Kerap Digunakan di Media Sosial

Dok Grid - Senin, 09 Oktober 2023 | 15:40
Ilustrasi penggunaan istilah periodt.
know your meme

Ilustrasi penggunaan istilah periodt.

HAI-Online.com - Kalian yang seneng seliweran di media sosial pasti pernah nemu istilah ‘periodt’ yang digunakan, khususnya di Twitter atau sekarang X. Namun apa sih sebenarnya pengertian periodt itu sendiri?

Mungkin pertama kali kita membaca istilah tersebut bakal mengira ada typo dalam penulisan periodt tersebut. Namun penambahan huruf pada kata tersebut ada alasannya lho, guys.

Menurut know your meme, istilah 'periodt' pertama kali muncul di platform Twitter (sekarang X) saat akun dengan username @PBCliberal ngetwit "Churces should pay property tax periodt." pada 5 Mei 2009 silam. Seiring berjalannya waktudan meningkatnya popularitas media sosial—penggunaan istilah tersebut pun meluas hingga saat ini.

Secara harfiah, menurut kamus Oxford, period dalam konteks ini bermakna tanda baca titik yang berfungsi mengakhiri sebuah kalimat. Period pada umumnya digunakan di region Amerika Utara, berbeda dengan Inggris Raya menggunakan istilah full stop.

Nah makna istilah slang ‘periodt’ sebenarnya nggak terlalu jauh berbeda dengan pengertian aslinya.

Baca Juga: Arti Kata WTB, WTS, WTT yang Sering Dipakai di Dunia Belanja Online

Melansir Insider, ‘periodt’ umumnya digunakan di akhir kalimat yang berfungsi menguatkan pesan yang disampaikan, tetapi dalam versi yang lebih 'ekstrem'.

Dalam penggunaannya, penulisan ‘periodt’ umumnya dipisahkan dari kalimat utama menggunakan koma. Namun nggak jarang, 'periodt' dipisahkan menggunakan titik.

Contoh kalimat: “Bubur ayam nggak seharusnya diaduk, periodt.

“Buat gue Pamungkas itu solois cowok terbaik di Indonesia saat ini. Periodt.

Penggunaan tersebut menyiratkan bahwa pernyataan yang disampaikan si penulis bersifat final, nggak bisa diganggu gugat, no debat.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest