Follow Us

4 Lagu Fenomenal Racikan Produser Musik Legendaris Phil Spector

None - Selasa, 19 Januari 2021 | 18:00
Phil Spector
Wikimedia

Phil Spector

HAI - ONLINE.COM - Jagat industri musik dan hiburan internasional berduka pekan lalu setelah kabar Phil Spector, seorang produser rock terkenal yang dampaknya cukup besar pada musik populer meninggal pada hari Sabtu (16/01) lalu pada usia 81 tahun.

Phil Spector kemudian dikenal sebagai otak dan pelaku utama dari pembunuhan Lana Clarkson di tahun 2003 dan dijatuhi hukuman kurungan 19 tahun. Spector sendiri telah menjalani masa tahanan sejak tahun 2009 lalu.

Terlepas dari rekam jejak kriminalnya yang sangat buruk, tidak dapat disangkal jika pengaruhnya terhadap musik populer melalui grup vokal wanita klasik "Wall of Sound" tidak dapat diaggap remeh.

Baca Juga: Produser Musik Phil Spector, Pembunuh Aktris Lana Clarkson Dinyatakan Meninggal di Usia 81 Tahun

Selain karyanya yang terkenal dengan Ronettes, the Crystals, Darlene Love, Ike & Tina Turne, ada banyak lagu – beberapa di antaranya adalah lagu legendaris yang akan hidup sepanjang masa - yang berasal dari kontribusi langsung oleh Spector dalam beberapa cara, baik melalui produksi , menulis bersama atau sesi studio. Berikut adalah 4 lagu fenomenal yang ternyata berasal dari besutan Phil Spector di balik layarnya:

Ramones – Rock ‘n’ Roll High School (1979)

Lagu ini awalnya popular setelah menjadi soundtrack dari film yang berjudul sama. Rekaman yang asli awalnya direkam bersama produser kenamaan lain, Ed Stasium.

Namun Ramones dan Spector menyetujui untuk merekam ulang total lagu ini dan ditampilkan sebagai deluxe edition dalam album ‘End of the Century’.

Ramones – Do You Remember Rock and Roll Radio? (1980)

Spector adalah dalang utama di album ‘End of Century‘; yang juga membuat lagu ini dikenal publik sebagai salah satu titik balik perubahan citra Ramones di media popular.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest