Follow Us

7 Fakta Black Box, Komponen Penting yang Wajib Ada di Pesawat

None - Rabu, 13 Januari 2021 | 10:30
Penampakkan black box berisi CVR pesawat Lion Air JT 610
kompas.com

Penampakkan black box berisi CVR pesawat Lion Air JT 610

HAI-Online.com - Perkembangan terbaru dari pencarian pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021) adalah telah ditemukannya black box pada Selasa (12/1/2021).Temuan black box ini penting untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak itu. Nggak kaya namanya, black box memiliki warna oranye.

Black box merupakan komponen penting yang harus ada di setiap pesawat. Melansir Deutsche Welle, pada dasarnya black box adalah perangkat perekam yang sangat dilindungi dan penting, sama seperti hard disk atau kartu memori.

Benda ini merekam semua data penerbangan. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya berikut ini ada 7 fakta soal kotak hitam:1. Berwarna OranyeMeski dinamakan black box atau kotak hitam, sebenarnya benda ini berwarna oranye. Warna ini memiliki maksud agar tim pencari mudah menemukannya terutama seperti kejadian Sriwijaya Air ini yang jatuh di perairan.

Penamaan black box sendiri berawal dari sejarah penggunaannya di masa Perang Dunia II. Alat pendeteksi ini dicat warna hitam agar nggak memantulkan cahaya. 2. Penemu Black BoxPenemu black box adalah David Warren. Ia menciptakan alat ini pada 1950. Saat usianya masih enam tahun, ayah Warren tewas dalam kecelakaan pesawat pertama di Australia.

Kejadian ini menjadi latar belakang Warren untuk merancang black box. Pada 1960, Australia menjadi negara pertama yang mewajibkan penggunaan black box untuk semua pesawat komersial. 3. Kuat dan Mudah DitemukanBlack box dirancang supaya nggak rusak ketika terjadi sebuah kecelakaan pesawat. Lapisan luarnya adalah titanium atau baja tahan karat dengan dua lapisan.

Tabung black box tahan banting karena telah diuji dengan dilontarkan menggunakan meriam udara. Lontaran tersebut menciptakan dampak 3.400 Gs.

Selain itu, benda ini juga kedap air sampai kedalaman 6.000 meter dan tahan suhu maksimum 1.100 derajat Celsius selama satu jam.

Selain itu, black box juga dapat menahan benturan dinding beton dengan kecepatan 750 kilometer per jam dan beban statis 2,25 ton setidaknya selama lima menit.

4. Terdiri dari 2 BagianDalam black box terdapat dua bagian penting, yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR).

FDR berisi rekaman kecepatan pesawat, ketinggian, percepatan vertikal, dan aliran bahan bakar. Dengan menganalisis data dalam FDR, kita dapat mengetahui teknis terjadinya kecelakaan sebuah pesawat.

Sementara, CVR berisi rekaman percakapan yang terjadi di kokpit. Percakapan pilot dan kopilot yang terjadi sebelum kecelakaan dapat memperkuat invetigasi kecelakaan pesawat. Selain diskusi antar pilot, juga merekam pengumuman komputer otomatis, lalu lintas radio, diskusi dengan awak dan pengumuman kepada penumpang.

Suara sakelar dan mesin juga direkam oleh perangkat. Itulah sebabnya file audio yang diambil harus ditangani dengan hati-hati, sebagai upaya perlindungan data.5. Kapasitas PenyimpananBlack box dapat menyimpan data penerbangan sampai 25 jam. Data tersebut tersimpan dalam FDR, dan membantu penyelidik mencatat berbagai fungsi operasi pesawat, seperti detail waktu, ketinggian, kecepatan udara, dan arah pesawat.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest