Follow Us

Borderline Personality Disorder Bikin Pengidapnya Susah Pacaran, Ini Tanda-tandanya

Al Sobry - Jumat, 08 Januari 2021 | 10:29
Borderline Personality Disorder Bikin Pengidapnya Susah Pacaran, Ini Tanda-tandanya

Borderline Personality Disorder Bikin Pengidapnya Susah Pacaran, Ini Tanda-tandanya

HAI-Online.com - Sulit menjalin hubungan dengan orang lain, maunya sendiri terus, suka minder kalo mau nembak atau bahkan ditembak gebetan? Duh beberapa gejala itu biasanya ada pada orang yang punya Borderline Personality Disorder atau BDP.

Nah, artis peran Ariel Tatum sempat menceritakan tentang gangguan mental Borderline Personality Disorder (BPD) yang diidapnya sejak lama. Ariel mulai menyadari mengidap masalah mental yang disebut dengan gangguan kepribadian ambang itu sejak usia remaja.

Baca Juga: Sulit Pacaran Lama, Ariel Tatum Mengaku Idap Borderline Personality Disorder Sejak Remaja

Gangguan mental yang dialaminya itu membuat Ariel sulit membangun hubungan atau punya pacar dengan orang lain.

Bahkan, yang lebih parahnya lagi Ariel Tatum pernah sampai mencoba beberapa kali untuk bunuh diri, sanking nggak berhasilnya pacaran.

Dikutip dari Kompas.com, Borderline Personality Disorder (BDP) merupakan gangguan kesehatan mental yang memengaruhi cara berpikir dan perasaan seseorang.

Pengidap gangguan mental ini akan merasakan perasaan khawatir dan minder.

Ada beberapa tanda yang mungkin seseornag mengidap BDP ini, diantaranya:

  1. Perubaham mood (suasana hati) yang sangat cepat, lawan bicara sering kebingungan menghadapi situasi ini sehingga nggak sedikit yang menyerah dan mundur perlahan.
  2. Kerap marah dan sering hilang kesabaran, dan itu datangnya secara tiba-tiba.
  3. Memiliki hubungan sosial yang tidak stabil, jarang mau berteman karena minder dan sering mengalami perubahan cepat dalam identitas diri, jadi susah dikenali kawan lainnya.
  4. Mengalami situasi paranoid, ketakutan yang menjadi-jadi, terkadang sussh dikontrolnya
  5. Sangat takut ditinggalkan, mirip posesif namun bisa kepada teman seseorang yang sedang bersamanya
  6. Memiliki niat bunuh diri
  7. Pikiran sering kosong
Jika mengalami beberapa tanda ini, sebaiknya segera menghubungi ahli kejiwaan atau psikiater untik dapat terapi atau saran dari ahli.

Sebelumnya aktris dan penyanyi Ariel Tatum ketahuan mengidap gangguan mental susah pacaran, yaitu Borderline Personality Disorder.

Kepada Ivan Gunawan dan Deddy Corbuzier, aktris ini mulai menyadari dirinya mengidap gangguan kepribadian ambang itu sejak usia 13 tahun.

Karena ganguan mental tersebut memiliki waktu yang panjang untuk terdeteksi, dia baru didiagnosis mengidap BPD pada usia 18 tahun.

Editor : Al Sobry

Latest