Follow Us

Warganya Diduga Unggah Parodi Lagu 'Indonesia Raya' di YouTube, Begini Tanggapan Pemerintah Malaysia

Bagas Rahadian - Senin, 28 Desember 2020 | 12:00
Ilustrasi bendera Indonesia
Stocksy.com

Ilustrasi bendera Indonesia

HAI Online.com - Pemerintah Malaysia menanggapi video parodi lagu 'Indonesia Raya' di YouTube, yang diduga diunggah oleh warga negara Malaysia.

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta pun mengaku pihaknya mengecam tindakan provokatif semacam ini, yang dinilai berimbas pada hubungan diplomatis antara Indonesia dan Malaysia.

Sebelumnya, sebuah akun Youtube yang diduga milik warga Malaysia, memparodikan secara tidak pantas lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sementara dalam pernyataannya semalam, mengutip Free Malaysia Today, kedubes Malaysia mengatakan bahwa pihak berwenang negaranya tengah menyelidiki lebih jauh soal penggungah video tersebut.

"Jika video itu ditemukan diunggah oleh seorang warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada," kata pernyataan itu.

Baca Juga: Buruan Daftar! Ada 4 Lowongan Kerja di Susi Air buat Lulusan SMA dan SMK

Dalam video yang telah diblokir oleh pihak YouTubes sejak 27 Desember, si pengunggah menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dengan lirik yang sengaja dipelesetkan dengan kalimat yang menghina negara Indonesia.

Selain itu, video itu tersebut menampilkan simbol burung garuda yang diubah menjadi ayam. Sementara kalimat "Bhinneka Tunggal Ika" ditulis secara terbalik.

Berdasar penelusuran, video ini telah diunggah sejak dua minggu lalu. Video ini ramai di dunia maya, dan telah ditonton sekitar 6.000 viewers.

Meski telah di-take down YouTube, video ini telah diunggah dan dibagikan secara luas di platform media sosial di Indonesia, yang menuai banyak kecaman dari berbagai pihak. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest