Follow Us

Saat Liburan Akhir Tahun, Ada 7 Pendakian Gunung di Indonesia yang Ditutup

Annisa Putri Salsabila - Sabtu, 26 Desember 2020 | 16:05
Gunung Kerinci
Shutterstock

Gunung Kerinci

HAI-Online.com - Pergantian tahun biasanya jadi momentum bagi sebagian orang untuk mendaki gunung. Terlebih, liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) cukup panjang.

Akan tetapi, kali ini beberapa gunung di Indonesia ditutup untuk pendakian menjelang akhir tahun, pada Tahun Baru, hingga beberapa bulan setelahnya.

Penutupan dikarenakan mengantisipasi cuaca ekstrem, pemulihan ekosistem, hingga mengantisipasi penyebaran virus corona.

Baca Juga: Hobi Naik Gunung? Perhatikan 7 Pesan Guru Besar Unpad Ini Biar Nggak Tersesat

Berikut ini jalur pendakian menjelang hingga setelah Tahun Baru:

1. Gunung Sindoro jalur KledungKetua Putra Sindoro dari Basecamp Sigedang, Alimin, mengatakan pendakian di Gunung Sindoro jalur Kledung ditutup.

"Jalur Kledung yang tutup awal tahun yang lain buka," kata Alimin kepada Kompas.com, Sabtu (26/12/2020).

Penutupan itu berdasarkan keputusan hasil rapat koordinasi Grasindo. Adapun, penutupan dimulai pada 4 Januari hingga waktu yang belum ditentukan.

Ia mengatakan kebijakan diambil untuk pemulihan ekosistem, reboisasi, perawatan, dan pembenahan kawasan hutan lindung.2. Gunung RinjaniDikutip Kompas.com, Jumat (25/12/2020), Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menutup wisata pendakian mulai 1 Januari-31 Maret 2020.

Penutupan tertera dalam Pengumuman Nomor PG/045/T.39/TU/KSA/12/2020 yang dipublikasikan dalam akun Instagram @gunungrinjani_nationalpark, 15 Desember 2020.

-Jalur Pendakian Senaru, Kabupaten Lombok Utara.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest