Follow Us

Hari Guru Nasional, Begini Sejarah 'Hymne Guru' yang Disusun Sartono Pake Siulan

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 25 November 2020 | 11:27
Kisah Sartono, pencipta lagu Hymne Guru.
Kolase TribunStyle (Istimewa, HARIAN KOMPAS/ARDUS M SAWEGA)

Kisah Sartono, pencipta lagu Hymne Guru.

HAI-Online.com - Hari Guru Nasional: mengenang kisah Sartono ciptakan lagu Hymne Guru yang kini selalu dinyanyikan di sekolah-sekolah. Hari ini, Rabu 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Penetapan hari tersebut berkaitan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Kemudian, dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Baca Juga: Nggak Gini Juga Donk! Warganet ini Makan Sushi Ditambah Nasi Putih, Alhasil Kena Omelan Netizen

Peringatan Hari Guru Nasional biasanya nggak lepas dengan menyanyikan lagu 'Hymne Guru'. Mungkin nggak banyak diketahui bagaimana asal usul lagu yang wajib dinyanyikan di sekolah-sekolah itu.

Lagu tersebut memiliki judul asli 'Hymne Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa'. Pada tahun 1980-an, lagi itu diciptakan oleh Sartono.

Ia menggubah alias menyusun lagu tersebut sebagai upaya untuk menghargai para guru karena dinilai sangat berjasa untuk pendidikan di Indonesia.

Seperti dilansir dari buku Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Tradisional, & Anak Populer oleh Hani Widiatmoko dan Dicky Maulana, Sartono adalah mantan guru seni musik.

Ia dulu sempat mengajar seni musik di sekolah yayasan swasta di Kota Madiun, Jawa Timur. Pria kelahiran Madiun, 29 Mei 1936 ini memiliki kisah hidup yang menarik.

Sebagai seorang guru seni musik, ia justru mempelajari musik secara otodidak. Sartono juga nggak pernah mengenyam pendidikan tinggi tentang musik.

Pada tahun 1978, Sartono adalah satu-satunya guru seni musik yang bisa membaca not balok di wilayah Madiun. Ada cerita menarik lagi kala dirinya menciptakan lagu Hymne Guru.

Karena keterbatasan alat musik yamg ia miliki, lagu Hymne Guru diciptakannya dengan bersiul sambil menorehkan nadanya ke dalam catatan kertas.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest