Follow Us

Kreatif! Mahasiswa Singapura Punya Inovasi Ubah Buah Durian Jadi Konsol Game

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 29 September 2020 | 21:02
Konsol game yang terbuat dari kulit buah durian
YouTube/Cedishappy

Konsol game yang terbuat dari kulit buah durian

HAI-Online.com- Gimana jadinya ya kalo buah durian yang punya haters paling banyak ini disulap jadi sesuatu yang dimanfaatkan untuk hobi?

Seorang YouTuber asal Singapura yang terkenal dengan kontennya yang bikin konsol game dari semangka, kembali membuat proyek yang sama namun kali ini dari justru dari buah yang terkenal punya bau yang menyengat yaitu durian.

Menyadur Asia One, Cedrick Tan, seorang mahasiswa Singapore Management University (SMU) mengubah buah durian jenis Mao Shan Wang, yang sangat populer di Singapura, menjadi sebuah konsol game.

Baca Juga: Najwa Shihab Menanti Terawan Berujung Wawancarai Kursi Kosong, Begini Alasannya Undang Menkes

Proyek tersebut selesai kira-kira dua minggu dari awal hingga akhir, terbukti menjadi proses yang jauh lebih sulit daripada yang dibutuhkan untuk membuat Melon Boy.

Pria berusia 24 tahun tersebut mengungkapkan kalo dia harus memperkecil ukuran komponen sirkuit, karena bentuk buah durian yang memiliki ruang lebih kecil daripada semangka.

"Ini berarti merampingkan semua yang menyebabkan masalah teknis. Menyelesaikan masalah teknis ini memakan banyak waktu dan saya bahkan harus membuat ulang sirkuit dari awal pada satu titik," ujar Tan kepada Asia One.

Saat menyusun komponen untuk dapat digunakan bermain game, Tan nggak ragu-ragu membawanya ke sekolah dan pamer ke teman-temannya.

Tan memamerkan proses pembuatan konsol game 'berduri' dari awal di channel YouTube-nya yakni Cedishappy, termasuk bagaimana ia menghadapi masalah saat menyolder papan sirkuit Raspberry Pi dan membuat asap yang berbau menyengat.

Tetapi pada akhirnya, reaksi yang dia dapatkan dari orang lain membuatnya bahagia. Ia meminjamkan konsol game rancangannya kepada orang-orang untuk dicoba.

Teman-teman sekelasnya di SMU dan anak-anak muda di Funan Mall mencoba bermain Super Mario Bros 3 menggunakan konsol berduri buatan Tan tersebut.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest