Follow Us

Wih, Harga Tanaman Janda Bolong Mendadak Meroket Jutaan Rupiah, Penjual Beberkan Pemicunya

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 27 September 2020 | 19:35
Wih, Harga Tanaman Janda Bolong Mendadak Meroket Jutaan Rupiah, Penjual Beberkan Pemicunya

HAI-Online.com - Monstera atau yang lebih dikenal dengan janda bolong mendadak lagi diminati dan dicari sama para penggemar tanaman hias. Layaknya dunia fashion, selalu ada tren tanaman hias yang berbeda setiap tahunnya.

Pas lagi booming, otomatis harganya bakal melonjak tinggi. Disebut-sebut tanaman ini dijual sampai jutaan rupiah.

Baca Juga: Heboh Penetapan Ganja Sebagai Tanaman Binaan Oleh Kementan, Aturannya Kini Dicabut Lagi

Tren melambungnya harga tanaman sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Beberapa tanaman yang harganya pernah melambung tinggi seperti gelombang cinta.

Vanda Fakhrozi, seorang pedagang tanaman hias di Jakarta menuturkan, kenaikan harga tanaman janda bolong dipicu budaya latah setelah tanaman tersebut jadi tren para pemilik rumah elit dan rumah-rumah dengan desain minimalis.

Tanaman Janda Bolong yang lagi viral dan trending di twitter hari ini, (27/9/20) lagi rame diomongin dan dicari
tribunnews.com

Tanaman Janda Bolong yang lagi viral dan trending di twitter hari ini, (27/9/20) lagi rame diomongin dan dicari

"Ada yang menganggap kalau nggak ada monstera itu nggak keren rumahnya. Jadi faktor gengsi ini berperan," kata Vanda seperti dikutip dari channel Kompas TV, Minggu (27/9/2020).

Booming tanaman janda bolong dengan cepat meluas karena efek viral di media sosial. Seketika banyak orang mencari tanaman ini sehingga harganya ikut melonjak dratis, dari puluhan ribu menjadi jutaan rupiah.

"Tren paling kencang ini di media sosial. Instagramable kalau orang bilang untuk foto-foto agar rumah terlihat estetik. Banyak ternyata yang buat monstera itu jadi tren," ujar Vanda.

Baca Juga: Orang Cerdik Tahu, Ini Efek Sisa Rebusan Mi Instan Kalo Disiram ke Tanah!

Juliana, penjual tanaman hias lain di Jakarta, mengungkapkan sejak beberapa bulan terakhir selalu ada orang yang mencari tanaman janda bolong.Terkait harga tanaman monstera yang mencapai jutaan rupiah, monstera memang punya beberapa jenis yang berbeda dengan tingkat perawatan yang berbeda pula, sehingga faktor ini sangat mempengaruhi harga.

"Mahal karena berbeda-beda jenis. Seperti (yang cukup mahal) Monstera veriegata. Coraknya putih hijau ada kekuning-kuningan, itu beda-beda jenisnya. Perawatan lebih susah, otomatis demand lebih tinggi, harga lebih tinggi lagi," terang Juliana.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest