Follow Us

Selamat Hari Kesetaraan Upah Internasional! Yuk Ketahui Kesenjangan Upah Perempuan dan Laki-Laki di Indonesia

Alvin Bahar - Jumat, 18 September 2020 | 09:00
Ilustrasi bekerja
Psycat Games

Ilustrasi bekerja

HAI-ONLINE.COM - Untuk pertama kalinya, Indonesia bersama dunia memperingati Hari Kesetaraan Upah Internasional pada tanggal 18 September.

Hari internasional ini menandai komitmen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap hak asasi manusia dan menentang segala bentuk diskriminasi, termasuk diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan.

Hari peringatan ini juga menyorot berbagai dampak yang diterima pekerja perempuan selama pandemi, sesuai hasil pemantauan Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization atau ILO).

Kesenjangan Upah Perempuan dan Laki-Laki

Menurut data global, perempuan dibayar lebih rendah dibandingkan laki-laki, dengan perkiraan kesenjangan upah sebesar 16%.

Dilansir dari rilis pers resmi ILO, perempuan memperoleh 77 sen dari setiap satu Dollar yang diperoleh laki-laki untuk pekerjaan yang bernilai sama, dengan kesenjangan yang bahkan lebih besar bagi perempuan yang memiliki anak.

Selama pandemi COVID-19, situasi ini semakin meningkat dan memberikan dampak negatif bagi perempuan dan keluarganya.

Dalam Pemantauan ILO: COVID-19 dan dunia kerja: Edisi ke-5 yang diterbitkan pada Juli 2020, ditemukan bahwa banyak pekerja perempuan mendapatkan dampak berbeda selama pandemi, khususnya terkait dengan besarnya keterwakilan mereka dalam sektor-sektor perekonomian yang paling terkena dampak krisis ini, seperti akomodasi, makanan, penjualan dan manufaktur.

Perempuan juga banyak bekerja di sektor perekonomian informal yang nggak memiliki asuransi kesehatan dan perlindungan sosial.

Sayangnya, sebagaimana kondisi global, perempuan Indonesia juga memperoleh pendapatan 23% lebih rendah dibandingkan laki-laki, ditambah fakta bahwa kendati lebih banyak pekerja perempuan yang memiliki gelar D3/D4 atau sarjana dibandingkan laki-laki, pendidikan yang lebih tinggi rupanya nggak mempersempit kesenjangan upah berdasarkan gender.

Baca Juga: 15 Foto Evolusi Supermarket Zaman Dahulu, Dari Aesthetic Sampai yang Klasik!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest