Follow Us

Apa Benar Efek Tekanan Stres Bikin Rambut Lo Jadi Beruban? Simak Penjelasannya

Annisa Putri Salsabila - Sabtu, 12 September 2020 | 12:30
Ilustrasi saat rambut beruban yang disebabkan oleh stres
kompas.com

Ilustrasi saat rambut beruban yang disebabkan oleh stres

HAI-Online.com - Banyak orang cemas dan bahkan ketakutan kalo sampe tanda-tanda penuaan mulai kelihatan.

Selain keriput di wajah, tumbuhnya uban di rambut mendatangkan kekhawatiran yang sama. Bukan cuman karena faktor penuaan, rambut juga disebut bisa tiba-tiba berubah putih kalo orang tersebut banyak mengalami stres.

Baca Juga: Remaja Infeksi Otal Gara-Gara Pencet Jerawat di Hidungnya, Nyawa Ikut TerancamSel-sel dalam rambut bakal kehilangan warna aslinya saat tubuh kena hormon stres, demikian hasil penelitian dari New York University, beberapa tahun silam.

Dalam kondisi tersebut, rambut hitam alami bakal lenyap dan digantikan sama uban. Bagaimana hal itu dapat kita ketahui?

Para peneliti mulai dengan premis waktu tubuh manusia terluka, sel induk bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen melanin gelap.

Pigmen itu bertugas melindungi kulit dari sinar matahari untuk membantu membatasi kerusakan.Kondisi ini bisa menjelaskan mengapa stres juga bisa menyebabkan pigmentasi yang membuat kulit terlihat lebih gelap.

Sebagian besar orang melihat uban pertama kali sekitar usia 25 tahun, dan biasanya hal itu disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik.

Baca Juga: Emang Nyegerin Sih, Tapi Air Kelapa Nggak Boleh Diminum Orang yang Punya Penyakit IniContohnya minum minuman alkohol dan merokok, meskipun bukan hal itu yang jadi penyebab tumbuhnya uban.

Dr Mayumi Ito dari New York University yang terlibat dalam penelitian ini mengatakan, ada bukti kalo stres bisa bikin melanin "bermigrasi" jauh dari folikel rambut ke kulit.

"Kami pikir akan menarik untuk berspekulasi bahwa stres yang berlebihan dapat menyebabkan migrasi pigmen yang terlalu banyak," kata dia.Penelitian, yang pernah diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine ini lalu menyimpulkan, "hormon stres diketahui dapat meningkatkan pigmentasi kulit, namun secara paradoks dan anekdot juga diyakini dapat mengakibatkan rambut beruban."

"Hasil penelitian kami dapat memberikan wawasan tentang hubungan antara hormon stres dan rambut beruban,” sebut dia. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tekanan Stres Bikin Rambut Beruban, Benarkah?"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest