Follow Us

Wow Toilet Umum di Jepang Ini Berkonsep Tembus Pandang, Ternyata Ada Tujuannya!

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 19 Agustus 2020 | 18:32
Toilet di Jepang ini sengaja di desain transparan agar bisa ngasih pandangan baru ke masyarakat Jepang. Bahwa toilet taman nggak selamanya kotor
Shigeru Ban Architects

Toilet di Jepang ini sengaja di desain transparan agar bisa ngasih pandangan baru ke masyarakat Jepang. Bahwa toilet taman nggak selamanya kotor

HAI-Online.com - Shibuya, salah satu distrik paling populer di Tokyo, Jepang, baru-baru ini menambahkan fasilitas publik baru yang langsung menarik perhatian warga.

Yap, fasilitas baru itu adalah toilet umum yang dindingnya transparan alias tembus pandang.

Sekilas, ide toilet transparan ini kedengarannya ekstrim yah? Tentunya, orang yang mau memanfaatkam kamar kecil itu pun jadi was-was dibuatnya.

Namun, jangan salah, ternyata desain nyeleneh ini adalah bagian dari proyek inovatif yang dimaksudkan untuk mengubah persepsi masyarakat tentang toilet umum.

Baca Juga: Robot Gundam Asli Setinggi 18 Meter Pijakkan Langkah Pertama Kalinya di Yokohama

Melansir CNN Travel, Selasa (18/8/2020) Shigeru Ban Architects, adalah firma arsitektur yang bertanggungjawab mendesain toilet ini.Ternyata, firma pemenang penghargaan Pritzker Prize ini telah memasang dua toilet di dua taman berbeda, yaitu Yoyogi Fukamachi Mini Park dan Haru-no-Ogawa Community Park.

"Ada dua hal yang kita takutkan ketika memasuki toilet umum, terutama yang terletak di taman. Pertama adalah tentang kebersihannya, dan yang kedua tentang ketidaktahuan apakah ada orang di dalam," sebut pernyataan resmi mereka di laman Tokyotoilet.jp.

Melalui desain yang inovatif, Shigeru Ban Architects mencoba mengatasi kekhawatiran tentang penggunaan toilet umum dengan memasang dinding kaca, yang akan memungkinkan orang melihat ke dalam toilet dari luar.

Di sini nih letak uniknya, pas udah masuk ke dalam toilet dan kunci pintu, dinding bakal berubah warna jadi buram, yang menghalangi pandangan dari luar.

Baca Juga: Rayakan Bebas Corona, Ribuan Warga Wuhan Berpesta Pora di Kolam Renang

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest