Follow Us

Viral Unggahan Pake Sampo Ditambah Gula Pasir Bikin Kulit Kepala Sehat, Benarkah?

Annisa Putri Salsabila - Jumat, 24 Juli 2020 | 16:10
Viral unggahan di twitter yang menunjukan petunjuk pake sampo dengan gula pasir untuk kesehatan kulit kepala
twitter.com

Viral unggahan di twitter yang menunjukan petunjuk pake sampo dengan gula pasir untuk kesehatan kulit kepala

Hai-online.com- Sebuah unggahan gambar berisi informasi mengenai penambahan satu sendok gula pasir ke dalam sampo yang disebut bisa bikin kulit kepala lebih sehat dan bersih beredar di media sosial.

Adapun gambar itu diunggah oleh akun Twitter @ohmybeautybank. "Ada yg pernah nyoba ini?" tulis akun @ohmybeautybank dalam twitnya.Diketahui, gambar tersebut merupakan tangkapan layar dari akun Instagram @unikinfokesehatan.

Baca Juga: HIS ERHA Pomade, Bikin Rambut Cowok Bergaya tapi Juga Menjaga Kulit Kepala

"Saat keramas, coba campurkan 1 sendok teh gula pasir di shampo, maka kulit kepalamu akan lebih bersih dan sehat loh," tulis akun Instagram @unikinfokesehatan. Sejauh ini, unggahan tersebut telah disukai ratusan kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lalu, benarkah informasi tersebut?

Dokter spesialis kulit dan kelamin di Vivaldy Skin Clinic Mataram, dr Dedianto Hidajat mengungkapkan kalo gula pasir dicampurkan dengan sampo emang bisa membersihkan kulit kepala.

Namun, ia menilai tindakan tersebut nggak diperlukan lantaran kandungan sampo sendiri juga dapat membersihkan kulit kepala agar bersih dan sehat.

"Sepertinya tidak perlu ya, keramas atau mencuci rambut dan kulit kepala merupakan bagian dari perawatan tubuh kita sehari-hari," ujar Dedi saat dihubungi Kompas.com, baru-baru ini.Menurutnya, tindakan penambahan gula pasir tersebut diduga digunakan untuk proses eksfoliasi kulit.

"Gula itu kemungkinan dimanfaatkan karena bentuk kristalnya untuk eksfoliasi atau pengelupasan secara fisik. Namun, sebenarnya para peneliti masih mengkaji efektivitasnya, terlalu kontroversial untuk direkomendasikan," lanjut dia.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular