Follow Us

Punya Lubang Kecil di Daun Telinga? Cek Penjelasan Ilmiahnya Dulu Nih!

Bagas Rahadian - Senin, 05 Juni 2023 | 09:11
lubang kecil di telinga disebut Sinus Preauricular
Bored Panda

lubang kecil di telinga disebut Sinus Preauricular

HAI-Online.com - Sebagian orang memang terlahir dengan tampilan fisik yang agak unik dari yang lain.

Salah satunya adalah mereka yang lahir dengan lubang kecil di daun telinga yang kerapkali mengundang rasa penasaran orang yang melihatnya.

Meski kadang nggak begitu mencolok karena sekilas tampak seperti sebuah titik kecil dekat telinga, rupanya lubang kecil ini dapat digolongkan sebagai kelainan fisik langka yang hanya bisa dijumpai pada beberapa orang.

Kelainan ini punya nama ilmiah sinus preauricular, yang dikenal juga denga pit preauricular, saluran preauricular, atau kista preauricular, dan merupakan kelainan bawaan dari jaringan lunak preauricular.

Bentuk fisik ini pertama kali ditemukan pada tahun 1864 dalam sebuah studi oleh ilmuwan Van Heusinger.

Lubang kecil ini sering didapati di depan telinga bagian atas, biasanya terletak tepat di antara tulang rawan lingkar telinga dan bisa didapati pada satu atau kedua sisi telinga.

Baca Juga: Sutradara Serial Batman & Robin Meninggal di Usia 80, Penyebabnya Kanker

Menariknya, lubang kecil ini terhubung ke saluran sinus yang terdapat di bawah kulit dengan jalur pendek atau panjang dan rumit, yang mana menjadi hal langka yang terjadi pada tubuh manusia.

Selain itu, diketahui juga bahwa prevalensi seseorang memiliki kelainan ini bervariasi.

Umumnya, kelainan ini paling sering didapati pada keturunan Asia Timur, dengan kemungkinan 10%, dan kurang umum didapati pada orang keturunan Afrika (4%) dan Kaukasia (0,5%).

Kendati sinus preauricular nggak mempengaruhi kesehatan orang yang memilikinya, terkadang lubang kecil dapat rawan infeksi dan abses akibat bakteri maupun kuman.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest