Follow Us

Mulai Bosen Karantina, Coba Gulat Jempol Ala Olahraga Unik Asal Inggris Ini Biar Jadi Seru!

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 26 Mei 2020 | 13:28
Adu Panco ala warga Staffordshire, Inggris
google

Adu Panco ala warga Staffordshire, Inggris

HAI-Online.com - Kalo udah ngerasa nggak tau lagi harus ngapain di masa karantina yang belom berakhir juga, mungkin lo bisa adu kekuatan sama sodara di rumah hehe.

Yang ini, adu kekuatan yang aman-aman aja sob, yaitu gulat pake jempol kaki, gimana tuh?

Ternyata emang ada sob, gulat pake jempol kaki dan diadakan kejuaraan dunianya. Gulat nyeleneh ini diselenggarakan di Inggris, dan udah jadi turnamen rutin tahunan di kota Derbyshire.

Baca Juga: Sekolah Diliburkan Karena Pandemi, Tingkat Kehamilan Siswi SMP dan SMA Meningkat di Negara Ini

Kompetisi nyeleneh ini dimulai di Derbyshire tahun 1976, waktu itu sekelompok pejalan kaki di Ye Olde Royal Oak Inn di desa Wetton mulai nyari permainan yang cuman bisa dimenangin sama orang Inggris sendiri.

Karena kurangnya bakat dalam olahraga yang ada saat itu, keputusan ini dibuat untuk menciptakan hal yang baru. Pada akhirnya acara aneh ini jadi sorotan tahunan sejak saat itu.Seorang ahli penyakit kaki bernama Alison Barley ditugaskan untuk inspeksi kaki sebelum kompetisi.

Para kontestan harus diperiksa jari-jari kakinya secara keseluruhan untuk dilihat apakah ada tanda-tanda jamur dan cedera sebelum diberikan izin untuk berkompetisi.

Cara bermainnya adalah dengan berbaring di lantai berhadapan satu sama lain. Para peserta mengunci jari-jari kaki mereka di antara dua papan kecil.

Baca Juga: Calon Mahasiswa Wajib Tau, Sebenarnya 'College' dan 'University' itu Beda Lho, Jangan Salah SebutSiapa yang berhasil lebih dulu bikin kaki lawan nyentuh panel di dekatnya, dia bakal dapetin poin. Cukup ribet juga ya lomba di Fenny Bently in, tapi di kota Derbyshire sendiri lomba panco (gulat) jempol kaki lah yang paling digemari dibanding gulat jari kaki,karena aturannya sendiri lebih mudah dipahami.

Aturan gulat atau panco jempol kaki ini sama kayak adu panco lengan yang biasa dilakuin di Indonesia. Dimana dua orang berhadapan satu sama lain, peserta dinyatakan menang kalo bisa naklukin jempol kaki lawan.

Lomba ini juga pake media papan penyangga sebagai pembatasnya. Dalam permainan ini alas kaki harus dilepas. Siapa yang berhasil jatuhin jempol lawan lebih dulu, dialah pemenangnya.Sebelum nyoba gulat ini, para pemain harus nunggu aba-aba "toedown!" diteriakkan. Setelah itu pemain harus nyatuin jari kakinya, setiap kaki pemain juga harus berada dalam posisi sama rata. Kaki kedua pemain diletakkan di sebuah bingkai yang terbuat dari kayu (toedium), untuk tumitnya dipijakkan di bingkai kayu juga (toesrac).

Selamat mencoba di tengah kegabutan saat karantina sob hehe (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest